Jumat 09 Aug 2024 06:59 WIB

Ridwan Kamil: Saya Mencintai Jakarta, Persija, dan Jakmania

Ridwan Kamil telah diminta untuk maju di Pilkada DKI.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah
Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil (kanan) dan Jusuf Hamka (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan usai menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8/2024). Dalam pertemuan tersebut Airlangga memberikan restu kepada Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jakarta, sementara Jusuf Hamka akan menjadi bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat.
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil (kanan) dan Jusuf Hamka (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan usai menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Kamis (8/8/2024). Dalam pertemuan tersebut Airlangga memberikan restu kepada Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jakarta, sementara Jusuf Hamka akan menjadi bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil siap untuk menang dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu, pun merasa diri dapat meyakinkan para pemilih dari kalangan suporter raksasa sepak bola di ibu kota itu, Persija Jakarta, the Jakmania dalam pemenangannya politiknya itu. Kang Emil, begitu Ridwan Kamil biasa disapa, yakin dapat mencintai DKI Jakarta dengan semua masyarakatnya.

Kang Emil, merupakan putra Bandung, pernah dua kali menjadi pemimpin di Jawa Barat (Jabar) yang tentunya punya hubungan lekat dengan raksasa sepak bola Persib Bandung.

Baca Juga

Namun, hal tersebut, tak menghalanginya bisa mencintai kesebelasan ibu kota, Persija Jakarta, sekaligus para suporternya. Meskipun selama ini, masyarakat sepak bola Indonesia mengetahui, rivalitas keras Persija Jakarta, dan Persib Bandung, ‘terstruktur’ sampai ke akar rumput suporter antara the Jakmania, dan Bobotoh.

“Kalau kita datang ke sebuah rumah, kita akan mencintai rumah itu dengan seisinya. Dulu saya di Bandung, mencintai Bandung dengan seisinya. Saya di Jawa Barat (Jabar) mencintai Jawa Barat dengan seisinya. Sekarang saya akan ke Jakarta, saya akan mencintai Jakarta dengan seisinya, termasuk (mencintai) the Jack, termasuk Persija, termasuk semuanya,” kata Emil saat ditemui, usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, di Kompleks Perumahan Menteri Widya Chandra di Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (8/8/2024).

Menurutnya, mencintai tempat, dan masyarakat baru yang akan menjadi tujuan, adalah rumus standar bagi seseorang. Rumus tersebut, kata dia, juga berlaku untuk dirinya. “Itu mah (mencintai tempat, dan masyarakat baru), rumus tata krama orang yang baru masuk ke rumah. Kira-kira begitu,” ujar Emil.

Partai Golkar, memastikan untuk mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur DKI Jakarta dalam kontestasi pilkada yang akan digelar pada November 2024 mendatang. Kepastian maju sebagai cagub DKI Jakarta itu, Emil sampaikan usai bertemu dengan Airlangga, pada Kamis (8/8/2024) malam.

Emil menyampaikan dalam pertemuan tersebut, ia sudah diminta secara lisan oleh Airlangga, untuk melaju ke Pilkada DKI Jakarta 2024 sebagai cagub. “Yang bisa saya sampaikan adalah barusan terkonfirmasi, bahwa saya tadi diminta secara resmi untuk maju sebagai Gubernur Daerah Istimewa Khusus Jakarta dari Partai Golkar. Jadi informasinya begitu,” kata Emil. Penyampaian resmi tersebut, kata Emil memang belum resmi tertulis, dan fornal.

Karena kata dia, pernyataan resmi tertulis dan formal tersebut, baru akan disampaikan oleh Partai Golkar, setelah lobi-lobi politik koalisi. Dan pernyataan resmi tertulis, serta formal sebagai cagub DKI Jakarta tersebut, baru akan diumumkan setelah partai-partai koalisi memutuskan nama calon wakil gubernur (cawagub) pendampingnya.

“Per har ini, calon wakilnya masih didiskusikan partai-partai dan koalisi,” begitu kata Emil. Ia merasa diri tak ada masalah dengan siapapun nantinya, yang bakal menjadi cawagub pendampingnya. Emil, pun percaya diri bisa menang dalam Pilkda DKI Jakarta itu. “Saya mah, orangnya optimistis,” ujar dia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement