Ahad 11 Aug 2024 11:11 WIB

'Pembangunan IKN Jadi Fondasi Menuju Indonesia Maju'

Pembangunan IKN dinilai akan mengantar Indonesia kepada kemajuan.

Red: Hasanul Rizqa
Tim Purna Paskibraka 2023 tiba di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Fauzan
Tim Purna Paskibraka 2023 tiba di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menyatakan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi salah satu fondasi masa depan negeri. Inilah salah satu langkah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mewujudkan ikhtiar menuju Indonesia yang lebih maju.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI Usman Kansong. Menurut dia, pihaknya optimistis dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI yang bertema "Nusantara Baru, Indonesia Maju".

Baca Juga

“IKN akan mengantar Indonesia kepada kemajuan. Kita semestinya berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena telah meletakkan landasan bagi Indonesia maju,” kata Usman Kansong dalam keterangan resminya, Ahad (11/8/2024).

Menurut dia, IKN menjadi salah satu langkah yang dipilih sebagai upaya pemerataan pembangunan dan ekonomi di Indonesia. Ada empat tujuan pemindahan ibu kota Indonesia ke Nusantara.

Pertama, menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru. Kedua, mewujudkan suatu kota cerdas melalui penerapan konsep "smart forest city", yang berkelanjutan dan inklusif.

Ketiga, membentuk budaya kerja dan birokrasi yang lebih efisien. Terakhir, menjadi simbol kebanggaan Indonesia. Sebab, Istana Negara dan Istana Garuda di sana dibangun sepenuhnya oleh bangsa Indonesia.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary menambahkan, sebagai smart forest city, IKN akan dibangun menjadi kota cerdas yang ramah lingkungan.

“IKN akan menyediakan berbagai komponen perkotaan yang akan menjamin kualitas hidup yang baik untuk masyarakatnya, seperti air dan udara yang bersih, tata kota yang teratur, aksesibilitas yang baik, serta kondisi perkotaan yang aman dan nyaman,” ujar Septriana.

Diketahui, upacara perayaan HUT RI pada tahun ini menjadi kali pertama yang digelar di IKN. Rencananya, upacara HUT ke-79 RI dilaksanakan di area Istana Negara yang menghadap ke lapangan di kawasan IKN di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi serta tamu-tamu undangan yang terdiri atas tokoh masyarakat, tokoh adat, hingga para duta besar dari negara sahabat dijadwalkan menghadiri upacara pengibaran Bendera Merah Putih untuk memperingati hari kemerdekaan RI di IKN.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement