Ahad 18 Aug 2024 18:26 WIB

TNI AL Kirimkan Delegasi Ikut Latma SEACAT 2024 di Singapura

Latma SEACAT 2024 diadakan Komando Armada ke-7 dan Skuadron Penghancur 7 Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy).

Rep: Erik PP/ Red: Partner
.
Foto: network /Erik PP
.

TNI AL mengirimkan delegasi untuk mengikuti Latihan Bersama Southeast Asia Cooperation and Training 2024. Sumber: Seputarmiliter.id
TNI AL mengirimkan delegasi untuk mengikuti Latihan Bersama Southeast Asia Cooperation and Training 2024. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- TNI AL mengirimkan delegasi untuk mengikuti latihan dan kerja sama militer Southeast Asia Cooperation and Training (Latma SEACAT) 2024. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Komando Armada ke-7 dan Skuadron Penghancur 7 Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) di Singapura.

Dalam Latma SEACAT 2024 yang berlangsung pada 12-17 Agustus 2024, TNI AL mengirimkan 12 delegasi yang dipimpin oleh Komandan Gugur Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I Laksma M Taufik. Latma SEACAT bertujuan untuk mendorong peningkatan kerja sama antarnegara di kawasan Asia Tenggara.

Fokus latihan kali ini adalah peningkatan dalam hal standar, meliputi taktik dan prosedur yang harus dilakukan ketika menghadapi situasi krisis, kontinjensi, dan menghadapi kegiatan ilegal di wilayah maritim negara peserta. Sejumlah materi diberikan dalam Latihan SEACAT 2024, seperti senior leader forum yang diikuti Laksma M Taufik dan Mayor Laut (P) Andi Johan serta maritime security seminar yang diikuti Letkol Laut (P) Sony Sartantyo dan Mayor Laut (P) M Rachmad Firdaus.

Sedangkan dalam sensing workshop diikuti oleh Letkol Laut (P) Rifki Najib, Letkol Laut (P) Sugeng Hariyanto dan Mayor Laut (P) Bani Safangat. Selain itu, dalam enforcement workshop dihadiri oleh lima delegasi TNI AL, yakni Lettu Laut (P) Diaz Cahya Putra K, Letda Laut (E) Prabowo Putra M, Sertu Kom Fauzan Firoza, Kelasi Satu Nav M Arief, dan Serma Saa Agung Prayitno.