Senin 09 Oct 2023 00:00 WIB

Bantu Tentukan Waktu Terbaik Investasi, Ini Pengertian Money Flow Index, Indikasi, dan Cara Hitungnya

Money flow index adalah satu dari berbagai indikasi yang mampu membantu investor dalam menentukan waktu terbaik untuk investasi. Berikut ulasan lengkapnya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Merasa bingung saat harus menentukan waktu terbaik untuk membeli maupun menjual aset ketika investasi memang menjadi hal yang wajar dialami oleh investor. Tentunya, untuk menyiasati hal tersebut, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memahami tentang apa itu indeks aliran uang atau money flow index alias MFI

Secara umum, yang dimaksud dengan money flow index adalah indikasi teknikal yang dibuat untuk menilai kekuatan uang keluar dan masuk dari suatu aset. Indikasi ini berkaitan dengan RSI atau Relative Strength Index yang hanya memiliki sedikit perbedaan dengannya. 

Tentunya, sebagai satu dari berbagai indikasi yang mampu membantu investor dalam menentukan waktu terbaik untuk investasi, money flow index adalah hal yang penting untuk dimengerti. Lalu, apa pengertian dari indeks aliran uang ini, termasuk fungsi, indikasi, hingga rumus hitungnya? Untuk memahaminya lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lengkap tentang money flow index.

Baca Juga: Mampu Tebak Waktu Terbaik Investasi, Yuk Ulik Strategi Market Timing pada Reksa Dana