Jumat 29 Dec 2023 15:40 WIB

Perspektif Balance Scorecard yang Bermanfaat untuk Perusahaan

Agar perusahaan terus berkembang, ada saatnya melakukan pengukuran dengan Balance Scorecard. Ada beberapa perspektif yang digunakan. Apa saja itu?

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Balance Scorecard adalah metode pengukuran hasil kerja yang digunakan perusahaan. Pelajaran tentang Balance Scorecard mungkin pernah dibahas saat Anda kuliah dulu. Namun, banyak orang yang masih salah persepsi dan belum dapat memahami arti dan penggunaannya.

Pada dasarnya, Balance Scorecard (BSC) merupakan kartu berimbang yang digunakan sebagai media untuk mengukur aktivitas operasional yang dilakukan sebuah perusahaan. Dengan BSC, perusahaan menjadi lebih tahu sejauh mana pergerakan dan perkembangan yang telah dicapai. Adanya BSC juga membantu perusahaan untuk memberikan pandangan menyeluruh mengenai kinerja dari perusahaan.

Agar kinerja perusahaan lebih efektif dan efisien, dibutuhkan sebuah informasi akurat yang mewakili sistem kerja yang dilakukan. Dalam BSC, terdapat empat jenis perspektif untuk mengetahui ukuran kinerja perusahaan. Apa saja itu?

 

4 Jenis Perpektif untuk Mengetahui Kinerja Perusahaan

  1. Financial Perspective (Perspektif Keuangan)

    Financial Perspective Perspektif Keuangan