Jumat 23 Aug 2024 08:30 WIB

Drone Al-Qasam Serang Langsung Pusat Komando Israel di Netzarim

Al-Qassam juga menembakkan dua granat ke tank Merkava.

Red: A.Syalaby Ichsan
Brigade Izzuddin Al-Qassam
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Brigade Izzuddin Al-Qassam

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA — Pejuang Perlawanan Palestina kembali menggelar operasi penyerangan terhadap para tentara penjajah Israel di beberapa tempat yang mereka duduki di jalur Gaza, pada Kamis (22/8/2024).

 

Baca Juga

Lewat salah satu operasi yang mereka lakukan, Brigade al-Qassam, Hamas, mengumumkan para pejuangnya meluncurkan drone serangan satu arah yang diproduksi secara lokal, al-Zouari, ke pusat komando dan kontrol lapangan Israel di Poros Netzarim. Poros tersebut memisahkan jalur Gaza utara dari wilayah lain yang terkepung. Serangan terhadap pasukan Israel diluncurkan pada pukul 19.30 (waktu setempat), Unit Media Militer Brigade Al-Qassam melaporkan yang dikutip Al-Mayadeen. 

Di lokasi berbeda, para pejuang al-Qassam yang kembali dari garis depan di kota selatan Khan Younis melaporkan dua operasi di dekat daerah pemukiman Hamad.

Operasi pertama yang dilakukan para pejuang al-Qassam yakni mereka menembakkan dua granat berpeluncur roket tandem ke arah dua tank Merkava Israel. Operasi kedua, unit penyadap al-Qassam membuat jebakan dan meledakkan pintu masuk terowongan di daerah yang sama. Mereka pun menargetkan pasukan Israel yang telah tiba di titik penyergapan.

Lewat operasi ini dan operasi lainnya yang dilakukan pada hari Rabu, komando militer Israel mengatakan bahwa seorang tentara di Batalyon 46 Brigade Lapis Baja ke-401 tewas di Jalur Gaza selatan setelah kendaraan lapis bajanya menjadi sasaran peluru anti-tank.

Kematian tentara tersebut menjadikan jumlah total tentara yang tewas di Jalur Gaza sejak invasi darat diluncurkan menjadi 336 orang. Sementara itu, jumlah total tentara Israel yang tewas sejak 7 Oktober 2023 menjadi 695 orang.

Faksi-faksi perlawanan Palestina memfokuskan serangan mereka pada Poros Netzarim pada Kamis, ketika Jihad Islam Palestina, Brigade al-Quds, dan Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP), Brigade Abu Ali Mustapha, mengumumkan serangan terhadap sektor strategis tersebut.

Sayap militer PFLP dan Brigade al-Ansar melancarkan serangan mortir gabungan ke pusat komando dan kontrol pasukan pendudukan Israel. Sementara itu, sayap militer PIJ mengatakan bahwa para pejuangnya juga meluncurkan peluru mortir kaliber besar ke ruang komando dan kontrol yang sama.

Brigade Perlawanan Nasional Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina (DFLP) menembakkan serangkaian peluru mortir mereka sendiri, kali ini menargetkan pasukan pendudukan Israel yang diposisikan di sebelah timur Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement