Jumat 23 Aug 2024 18:30 WIB

Sempat Disebut Jadi Lawan Kuat Cak Imin, Gus Adung Mundur dari Muktamar PKB

Gus Adung memilih mundur dalam kompetisi di Muktamar PKB.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Foto: Republika
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Salah satu kandidat ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Rochman (Gus Adung) batal maju dalam pencalonan di Muktamar ke-VI PKB di Bali pada Jumat (23/8/2024). Sebelumnya, Gus Adung sempat disebut-sebut sebagai lawan kuat Cak Imin dalam agenda akbar PKB tersebut. 

Gus Adung memilih mundur dalam kompetisi di Muktamar ke-VI PKB di Bali lantaran diminta fokus menuntaskan tugasnya sebagai Koordinator Staf Khusus Menteri Agama (Menag) RI. 

Baca Juga

"Jelang muktamar yang tinggal hitungan jam ini terus terang dinamikanya begitu kencang. Di sisi lain ada tugas utama di Kementerian Agama yang juga membutuhkan konsentrasi tinggi. Setelah berdiskusi cukup intens, Gus Men (Menag RI Yaqut Cholil Qoumas) akhirnya meminta saya untuk mengutamakan tugas-tugas di pemerintahan," ujar Gus Adung dalam keterangan persnya, Jumat (23/8/2024). 

Dengan alasan yang lebih kuat itulah, Gus Adung sebagai santri sepenuhnya takdzim atas arahan Gus Men dan memutuskan untuk menarik diri dari pencalonan sebagai ketua umum PKB.