Selasa 27 Aug 2024 07:26 WIB

NeutraDC Summit 2024, Komitmen TelkomGroup dalam Memimpin Perkembangan Teknologi AI

Perlunya keseimbangan antara inovasi teknologi dan tanggung jawab.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Lida Puspaningtyas
PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) menggelar acara bertaraf internasional, NeutraDC Summit 2024 di Bali.
Foto: Wisnu Aji Prasetiyo
PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) menggelar acara bertaraf internasional, NeutraDC Summit 2024 di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI — Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang menyediakan jasa layananan ekosistem data center, PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) menggelar acara bertaraf internasional, NeutraDC Summit 2024. Acara ini menjadi bentuk komitmen TelkomGroup dalam menjunjung etika dan tanggung jawab sosial dalam perkembangan teknologi AI.

Baca Juga

“NeutraDC Summit 2024 ini adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk tidak hanya memimpin dalam teknologi, tetapi juga dalam etika dan tanggung jawab sosial. Di TelkomGroup, kami percaya bahwa kolaborasi dan inovasi adalah kunci untuk menghadapi tantangan masa depan,” ucap Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir saat membuka kegiatan di Nusa Dua, Bali, Senin (26/8/2024).

Kolaborasi dan inovasi, kata dia, begitu penting dalam menghadapi tantangan industri yang semakin kompleks. Honesti juga menyoroti bagaimana TelkomGroup berkomitmen untuk memimpin dalam penerapan teknologi yang tidak hanya canggih tetapi juga etis.

“Kami terus berinvestasi dalam teknologi yang tidak hanya canggih tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas," jelas Honesti.

“Explore The Ethical Aspects of AI” menjadi salah satu topik utama dalam sesi berbagi wawasan di NeutraDC Summit 2024. Pada kesempatan itu, Head of the Technology, Media & Telecommunications, Cofounder and Director Rajah & Tann Singapore LLP, Rajesh Sreenivasan, menyebut sejumlah aspek mengenai AI ethics.

Pengacara yang berbasis di Singapura itu menekankan perlunya keseimbangan antara inovasi teknologi dan tanggung jawab. Dia juga membahas mengenai bagaimana hal tersebut dapat dicapai melalui tata kelola yang kuat dan kesadaran etis.

"Ketika kita berbicara tentang AI, kita tidak hanya berbicara tentang inovasi teknologi, tetapi juga tentang tanggung jawab. Tantangan terbesar kita adalah memastikan bahwa kemajuan teknologi ini selaras dengan nilai-nilai etika dan tata kelola yang kuat. Kita harus menemukan keseimbangan yang tepat antara keberhasilan dan tanggung jawab sosial,” kata Rajesh.

NeutraDC Umumkan Sejumlah Kerja Sama Strategis

Selain serangkaian sesi berbagai wawasan, pada NeutraDC Summit 2024 juga diumumkan kerja sama strategis terkait masa depan data center sebagai AI-enabler. Di mana, hal itu diwujudkan lewat kolaborasi strategis terkait AI- ecosystem melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU).

MoU tersebut ditandatangani secara bersama antara PT Hewlett Packard Enterprise (HPE) Indonesia, DataCanvas Limited, dan Cirrascale Pte. Ltd. Penandatangan dilakukan oleh CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F, President Director HPE Indonesia Meygin Agustina, CEO DataCanvas Fang Lei, dan CEO Cirrascale PJ Go.

Kolaborasi itu menandai komitmen dalam mengembangkan ekosistem AI yang matang dan sesuai untuk pasar Asia Tenggara, dengan memanfaatkan kekuatan dan kapabilitas masing-masing pihak. Kerja sama itu juga difokuskan untuk meningkatkan minat pasar terhadap kebutuhan pusat data berbasis AI di kawasan Indonesia dan regional.

NeutraDC juga mengumumkan kolaborasi strategis dengan BDx Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan hasil joint venture antara BDx Data Centers, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), dan Lintasarta. Kolaborasi ini mengumumkan peluncuran fase pertama dari ekosistem Internet Exchange (IX) di Indonesia.

Inisiatif itu sebelumnya telah diumumkan pada penandatanganan MoU di perhelatan internasional Pacific Telecommunications Council (PTC) 2024 pada Januari lalu yang berlangsung di Hawaii, USA.

Kolaborasi bertajuk “Strategic Alliance: NeutraDC and BDx for Internet Exchange Collaboration” itu menggarisbawahi komitmen berkelanjutan dan visi bersama yang diusung oleh NeutraDC dan BDx dalam menghadirkan inovasi yang akan mendorong kemajuan industri di masa depan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement