Rabu 28 Aug 2024 10:30 WIB

Toyota Ungkap Kinerja Penjualan Mobil Elektrifikasi Meningkat, Siap Perkuat Ekosistem

Dukungan lain yang diberikan adalah dengan menambah jumlah Toyota xEV Ecosystem.

Red: Ahmad Fikri Noor
PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan memperkuat ekosistem yang mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi (xEV).
Foto: Toyota Astra Motor
PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan memperkuat ekosistem yang mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi (xEV).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan memperkuat ekosistem yang mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi (xEV). Dalam kesempatan Toyota Eco Journey – JTD Electrification Line Up 2024, PT TAM mengajak para jurnalis untuk melihat kesiapan xEV Ecosystem yang mendukung mobilitas xEV Toyota di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Khususnya, melihat penerimaan masyarakat terhadap Hybrid EV Toyota yang terbilang positif, ditandai penjualan All New Kijang Innova Zenix HEV yang mendominasi pasar xEV.

“Didukung jaringan Dealer Nasmoco Group, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengapreasiasi penjualan xEV khususnya HEV Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terus meningkat pesat, di mana All New Kijang Innova Zenix HEV menjadi lokomotif penjualan," ungkap Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, Selasa (28/8/2024).

Baca Juga

Henry menyampaikan, dukungan lain yang diberikan adalah dengan menambah jumlah Toyota xEV Ecosystem yang tersebar di berbagai kota. Kemudahan akses pada fasilitas penting ini, membuat mobilitas pelanggan kendaraan elektrifikasi Toyota dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

Pada Januari-Juli 2024, Toyota memimpin market retail sales dengan market share sebesar 32,8 persen, meningkat 1,2 persen dibanding tahun 2023 di periode yang sama. Sedangkan untuk penjualan xEV, penjualan Toyota dan Lexus meningkat hingga 52 persen dari 14.936 unit di tahun 2023 menjadi 22.721 unit pada periode yang sama.

Berdasarkan data penjualan, HEV Toyota tersebar di sekitar 347 kota di Indonesia mencakup lebih dari 85 persen total kota penjualan mobil di Indonesia. Menurut Henry, hal ini membuktikan jika HEV dapat diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Indonesia dengan kondisi infrastruktur, ekosistem, serta driving habit yang di Indonesia.

Sedangkan di wilayah Jawa Tengah dan DIY, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota terus menunjukkan trend positif yang dimotori oleh All New Kijang Innova Zenix HEV sebanyak 1.229, diikuti oleh All New Yaris Cross HEV (279 unit), dan Alphard HEV (43unit). Sebagai informasi, retail sales Nasmoco Toyota di area tersebut adalah 10.495 unit dan xEV menyumbang 10,9 persen penjualan. 

Menurutnya, penjualan All New Kijang Innova Zenix terbilang positif karena sesuai kebutuhan pelanggan, baik pribadi maupun bisnis seperti untuk rental maupun travel antarkota. Jalan Tol Trans Jawa yang sudah menyambung dari barat ke timur Provinsi Jawa Tengah, membuat mobilitas masyarakat menjadi semakin mudah dan terbuka luas. Jalan antar provinsi dan antar kota yang mulus, kian membuka akses kegiatan sosial dan produksi masyarakat. 

Dia menekankan, Hybrid EV merupakan pilihan paling relevan saat ini karena dapat menjangkau hingga ke pelosok wilayah tanpa khawatir kehabisan daya baterai. Sinergi antara hybrid engine dan motor listrik, memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk menurunkan emisi CO2 dengan cara yang paling memungkinkan tanpa perlu mengubah kebiasaan berkendara. Pemilik mobil hybrid tidak perlu memikirkan infrastruktur seperti charging spot lantaran sudah dikendalikan oleh Toyota Hybrid System (THS) untuk pengisian baterai hybrid saat berjalan.

Di Jawa Tengah dan DIY, ekosistem xEV didukung oleh dealer Nasmoco Group yang memiliki layanan penjualan kendaraan Toyota, perawatan mobil, dan penyediaan spare parts yang tersebar di hampir seluruh kota besar. Bermodalkan fasilitas bengkel yang modern dan canggih serta teknisi yang andal dan kompeten berstandar Toyota global, semua workshop Nasmoco mampu menangani xEV Toyota dengan baik.

Satu lagi bagian integral dari Toyota xEV Ecosystem adalah charging station untuk BEV dan PHEV Toyota. Secara nasional, charging spot ada di 116 lokasi strategis, di mana  112 titik di antaranya berada di dealer resmi Toyota, 2 titik di mal besar Jakarta serta 2 titik di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa, yang akan terus bertambah. 7 diantaranya merupakan Ultra Fast Charging (UFC). Salah satu UFC 120 kW, tersedia di Nasmoco Bantul Yogyakarta dan Nasmoco Majapahit Semarang.

Sebagai komitmen Beyond Zero, Toyota juga memperkenalkan aplikasi IT’S TIME FOR EVERYONE to Switch (ITFE to Switch). Aplikasi ini memiliki fitur Calculator for Carbon Emission yang dapat menghitung emisi kendaraan yang dipakai setiap hari. Fitur Carbon Reduction Action Tracker dapat menghitung pengurangan karbon yang dilakukan oleh pelanggan lewat aktivitas sehari-hari, seperti recycle botol plastik atau menanam pohon.

“Multi Pathway Strategy tidak berhenti hingga hadirnya kendaraan elektrifikasi ke rumah pelanggan, tetapi juga menyediakan fasilitas dan layanan pendukung solusi mobilitas yang lengkap dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia. Berikan Total Mobility Solution, PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembangkan xEV Ecosystem yang sanggup memberikan layanan kepemilikan xEV Toyota yang mudah dan bebas rasa khawatir. Dengan semakin diterimanya kendaraan elektrifikasi kami, akan lebih banyak ekosistem dihadirkan supaya mobilitas ramah lingkungan dapat membantu mengurangi polusi udara demi masa depan yang lebih bersih,” terang Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement