Selasa 03 Sep 2024 08:40 WIB

RI Hibahkan Senjata dan Amunisi ke Kamboja Senilai 500 Ribu Dolar AS

Bantuan diserahkan oleh Duta Besar RI untuk Kamboja, Santo Darmosumarto di Bandara Internasional Phnom Penh.

Rep: Erik PP/ Red: Partner
.
Foto: network /Erik PP
.

Pemerintah RI memberikan hibah peralatan militer kepada Kamboja. Sumber: Seputarmiliter.id
Pemerintah RI memberikan hibah peralatan militer kepada Kamboja. Sumber: Seputarmiliter.id

JAKARTA -- Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menyerahkan hibah kepada militer Kamboja, berupa senapan, pistol, dan amunisi. Bantuan militer berupa produk PT Pindad tersebut senilai 500 ribu dolar AS atau sekitar Rp 7,78 miliar.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Duta Besar RI untuk Kamboja, Santo Darmosumarto dalam sebuah upacara di Bandara Internasional Phnom Penh, pada pekan lalu. Bantuan diterima Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja (RCAF) sekaligus Panglima Angkatan Darat Kamboja Jenderal Mao Sophan, .

Hibah peralatan militer meliputi 150 senapan SS2-V5 A1, 20 pistol G2 Elite, 500 ribu butir amunisi 5,56x45mm, dan 500 ribu butir amunisi 9x19mm yang dibawa dengan pesawat Super Hercules C130J milik TNI AU. Prosesi penyerahan hibah juga dihadiri Atase Pertahanan Kamboja Kolonel CPM Moch Rizal.

"Saya gembira melihat bahwa hubungan yang kuat seperti itu telah menjadi dasar bagi peningkatan signifikan kerja sama bilateral kita di berbagai bidang dalam beberapa tahun terakhir. Kami merasa terhormat untuk melakukan ini di saat kita merayakan 65 tahun hubungan diplomatik kita," kata Dubes Santo.