Selasa 17 Sep 2024 12:57 WIB

Unta Masuk ke Lubang Jarum dalam Ayat Quran Gambarkan Black Hole, Ini Penjelasannya

Fenomena tersebut bisa terjadi di ruang angkasa dimana terdapat black hole.

Red: A.Syalaby Ichsan
Unta (ilustrasi).
Foto: dok needpix
Unta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagai salah satu mukjizat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad, ayat-ayat Alquran wajib untuk diimani umat Islam. Diantara ayat-ayat suci tersebut, tertera begitu banyak misteri Ilahi yang bisa direnungkan bahkan dengan kacamata sains. Salah satunya yakni pada Surah Al-A'raf ayat 40. Allah SWT berfirman:

 اِنَّ الَّذِيْنَ كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَا وَاسْتَكْبَرُوْا عَنْهَا لَا تُفَتَّحُ لَهُمْ اَبْوَابُ السَّمَاۤءِ وَلَا يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ حَتّٰى يَلِجَ الْجَمَلُ فِيْ سَمِّ الْخِيَاطِ ۗ وَكَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُجْرِمِيْنَ

Baca Juga

Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan dan sombong kepada ayat-ayat Kami, tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit. Dan mereka tidak akan masuk surga sampai unta bisa masuk ke lubang jarum. Dan begitulah balasan untuk orang-orang yang terkutuk (QS Al- A'araf:40).

Secara umum, ayat di atas ditafsirkan sebagai ungkapan untuk menggambarkan jika orang kafir dan sombong tidak mungkin masuk surga. Hal tersebut sebagaimana mustahilnya unta masuk ke dalam lubang jarum.