Jumat 20 Sep 2024 21:27 WIB

Pengrajin Tusuk Sate di Karawang Dapat Bantuan Mesin Pembersih Bambu

Mesin bisa mempercepat produksi tusuk sate dan dapat menekan biaya produksi.

Red: Arie Lukihardianti
Pengrajin tusuk sate (Ilustrasi)
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Pengrajin tusuk sate (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG--Untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat yang terdampak pembangunan PLTGU Jawa Satu Power, Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) bersama PT Jawa Satu Power (JSP) meluncurkan program inovatif melalui Livelihood Restoration Project (LERES).

Ada berbagai kegiatan, salah satunya pendampingan kepada kelompok pengrajin tusuk sate di Desa Cilamaya dan Mekarmaya, Kabupaten Karawang. Selain itu, terdapat kegiatan pemberian insentif teknologi berupa mesin pembersih bambu. Mesin ini, diharapkan bisa mendorong peningkatan pendapatan masyarakat secara signifikan.

Baca Juga

Humas PT Jawa Satu Power, Fadhil mengatakan teknologi pembersih bambu ini memiliki kemampuan maksimal 1 jam untuk 1 bambu ini tidak hanya akan meningkatkan produktivitas para pengrajin. Tetapi, juga menekan biaya produksi, sehingga memberi dampak positif jangka panjang.

"Kami sangat mendukung program ini karena sejalan dengan visi perusahaan untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional PT Jawa Satu Power," ujar Fadhil, dalam keterangan resminya, Jumat (20/9/2024).