Selasa 24 Sep 2024 11:26 WIB

FIK UI Latih Puskesmas Jerowaru Buat Resep Rempah Lombok untuk MPASI

Rempah Lomok diharapkan dapat membantu ibu untuk lebih mudah mempersiapkan MPASI.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Erik Purnama Putra
akultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) memberikan pelatihan resep MPASI, yaitu rempah Lombok di Puskesmas Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Foto: Republika.co.id/Fergi Nadira B
akultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) memberikan pelatihan resep MPASI, yaitu rempah Lombok di Puskesmas Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TIMUR -- Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) memberikan pelatihan resep Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) khas Lombok yaitu rempah Lombok di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) belum lama ini. Pendekatan action oriented group (AOG) diterapkan pada kegiatan tersebut yang bermanfaat untuk disebarluaskan ke masyarakat Lombok.

Fasilitator dan Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI, Fajar Tri Waluyanti menyampaikan, AOG rempah Lombok diberikan kepada para kader kesehatan puskesmas sebagai upaya pemberdayaan kader dalam mendampingi para warga binaannya memberikan MPASI yang tepat. Rempah Lombok dipilih berdasarkan menu makanan harian masyarakat di sana.

"Kader dilatih untuk diskusi langsung secara mandiri dengan para ibu-ibu dengan didampingi kami para fasilitator, dan rempah Lombok ini diharapkan memudahkan Ibu dalam memilih sumber makanan yang tersedia serta cara masak yang disesuaikan dengan kebiasaan ibu sehari-hari," ujar Fajar dalam siaran pers kepada Republika.co.id di Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Menurut Fajar, adanya MPASI dengan pendekatan rempah lombok disesuaian dengan kebutuhan gizi mulai dari jumlah, jenis tekstur MPASI sesuai dengan kebutuhan dan usia bayi. Rempah Lombok, sambung dia, diharapkan dapat membantu ibu untuk lebih mudah mempersiapkan MPASI yang kaya kandungan gizi. Sehingga stunting dapat dicegah dan anak tumbuh dengan baik dan optimal.