Selasa 24 Sep 2024 16:40 WIB

Transformasi Perguruan Tinggi, Simbolik Vs Autentik

Transformasi perguruan tinggi melibatkan berbagai aspek.

Red: Fernan Rahadi
Dr Budi Santosa, MSi
Foto: dokpri
Dr Budi Santosa, MSi

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh:  Dr Budi Santosa, MSi (Dosen Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) UMS)

Transformasi menjadi kata yang sangat populer dalam dunia bisnis dan pendidikan akhir-akhir ini. Kata transformasi bagaikan 'mantra suci' di mana ketika kata tersebut diucapkan, maka apa yang diinginkan menjadi terwujud. Sehinga kemudian para pemimpinan organisasi baik itu bisnis dan pemerintahan mencoba menerapakan tranformasi pada institusi mereka masing-masing.

Anggapan di atas tidaklah salah, karena banyak bukti mengarah ke sana. Sebagai contoh Microsoft telah melakukan tranformasi dari fokus pada perangkat lunak PC tradisional ke komputasi awan (cloud computing). Sehingga mereka bisa tetap eksis walaupun bersaing dengan Apple Corporation di pasar sistem operasi komputer.

Netflix telah berhasil merebut pasar Blockbuster di pasar film, setelah menggeser penyewaan DVD melalui pos, ke online streaming. PT KAI telah melakukan tranformasi orgnisasi, dengan memperbaiki sistem keamanan, kenyamanan dan budaya organisasinya. Sehingga tidak heran, pelanggan kereta api sangatlah loyal dan lebih memilih moda ini dibandingkan moda transportasi lainnya.