Kamis 03 Oct 2024 17:11 WIB

Media Israel Ungkap Kegagalan Awal Perang Darat, Pasukan Elite Tumbang Oleh Hizbullah

Israel mencoba melakukan infiltrasi ke wilayah Lebanon jalur darat

Red: Nashih Nashrullah
Tentara Israel tewas di tangan Hizbullah
Foto: Tangkapan Layar Jerusalem Post.
Tentara Israel tewas di tangan Hizbullah

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM-Media Israel berbicara tentang keadaan dan dimensi kerugian besar yang diderita oleh tentara Israel dalam pertempuran darat pertama dengan para pejuang Hizbullah di Lebanon selatan sejak perang pada 2006.

Meskipun tentara Israel mengizinkan publikasi nama dan foto delapan tentara pasukan khusus yang tewas dalam bentrokan, termasuk tiga perwira, laporan media mengindikasikan jumlah korban yang lebih tinggi, dan pemerintah kota dan dewan pemukiman Israel berinisiatif mengungkapkan nama-nama tentara mereka yang tewas sebelum pengumuman tentara.

Baca Juga

Tentara Israel melaporkan bahwa tentara dan perwira terluka, termasuk tujuh orang dalam kondisi serius.

Dalam pernyataan resminya pada Rabu (3/10/2024), militer menyatakan bahwa korban tewas dan luka-luka terbunuh dalam tiga insiden yang berbeda, dan mereka berasal dari unit “Egoz” dari pasukan khusus dan dari Brigade Golani, salah satu brigade elit militer.

Upaya penyusupan berhasil digagalkan

Pada Rabu pagi, unit Egoz menyusup ke sebuah bangunan di sebuah desa di Lebanon selatan dan langsung dihadang oleh para pejuang Hizbullah dalam sebuah pertempuran langsung, kata Radio IDF.

Para pejuang Hizbullah menembaki pasukan Israel dari berbagai arah, menembakkan roket dan rudal anti-peluru kendali. Bahkan selama evakuasi korban luka, para pejuang terus menembaki dan menembakkan roket.

Radio Angkatan Darat melaporkan bahwa pertempuran tersebut menewaskan sejumlah tentara Israel dan sekitar 30 orang lainnya mengalami luka-luka, termasuk lima orang yang berada dalam kondisi serius.

BACA JUGA: Tuak, Beer, Hingga Wine Kembali Peroleh Sertifikat Halal, MUI: Kami tak Bertanggung Jawab

Amerika Remehkan Serangan Iran, Sementara Inggris Dukung Israel Sepenuhnya

http://republika.co.id/berita//skp8jz320/amerika-remehkan-serangan-iran-sementara-inggris-dukung-israel-sepenuhnya

Dalam insiden lain yang dilaporkan oleh media Israel, tentara dari Brigade Golani secara tak terduga dihantam oleh roket di desa lain di Lebanon selatan, menewaskan dan melukai beberapa dari mereka.

Pusat Medis Ziv Israel di kota Safed mengatakan bahwa mereka menerima 39 tentara yang terluka hari ini yang tiba dengan helikopter dan ambulans militer.

Penyelidikan awal

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement