Selasa 08 Oct 2024 19:31 WIB

Keajaiban Antariksa: Ilmuwan Temukan REBELS-25, Galaksi Cakram Terjauh yang Keberadaannya Menentang Teori

Penemuan REBELS-25 membuka peluang untuk memahami lebih lanjut tentang pembentukan galaksi awal dan perkembangannya.

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih

ANTARIKSA -- Para peneliti baru saja menemukan galaksi mirip Bima Sakti terjauh yang pernah diamati. Diberi nama REBELS-25, galaksi cakram ini tampak teratur seperti galaksi yang kita lihat saat ini.

REBELS-25 merupakan galaksi cakram terjauh yang pernah ditemukan. Ilmuwan menemukannya ketika alam semesta berusia baru sekitar 700 juta tahun, saat Alam Semesta baru berusia muda.

Penemuan ini mengejutkan para astronom, karena menurut teori, galaksi seperti REBELS-25 seharusnya tampak lebih kacau sesuai dengan teori pembentukan galaksi yang ada.

Struktur teratur dan rotasi yang kuat dari REBELS-25 memberikan wawasan baru tentang evolusi galaksi di masa awal Alam Semesta. Observasi mendalam menggunakan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) di Chili memungkinkan para peneliti untuk mengkonfirmasi karakteristik unik galaksi cakram ini.

Astronom dari Leiden, Lucie Rowland dan Jacqueline Hodge, menjelaskan tentang penemuan menarik ini. Galaksi yang kita lihat sekarang telah melalui perjalanan panjang dari bentuknya yang kacau dan berbenjolan yang biasanya diamati astronom di Alam Semesta awal.

"Menurut pemahaman kita tentang pembentukan galaksi, kita mengharapkan sebagian besar galaksi awal terlihat kecil dan berantakan," kata Jacqueline Hodge, salah satu penulis, dalam website kampus.

Galaksi-galaksi awal yang berantakan ini akan bergabung satu sama lain dan kemudian berkembang menjadi bentuk yang lebih halus dalam waktu yang sangat lama. Teori saat ini menunjukkan bahwa untuk sebuah galaksi agar teratur seperti Bima Sakti kita dibutuhkan waktu miliaran tahun evolusi.

Sebagai informasi, Bima Sakti adalah sebuah galaksi cakram yang berputar dengan struktur rapi seperti lengan spiral. Namun, penemuan REBELS-25 menantang skala waktu tersebut.

Terlalu Teratur untuk Galaksi Muda?

Rotasi dan struktur REBELS-25 diungkap melalui Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) di Chili, di mana European Southern Observatory (ESO) menjadi mitra. Dalam studi yang diterima untuk publikasi di Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, astronom menemukan REBELS-25 sebagai galaksi cakram berputar terkuat dan terjauh yang pernah ditemukan.

Cahaya yang mencapai kita dari galaksi ini dipancarkan ketika Alam Semesta baru berusia 700 juta tahun. Usia itu hanya lima persen dari usia saat ini (13,8 miliar)—membuat rotasi teratur REBELS-25 menjadi tidak terduga.

"Melihat galaksi dengan kemiripan yang begitu dekat dengan Bima Sakti kita, yang didominasi oleh rotasi, menantang pemahaman kita tentang seberapa cepat galaksi di Alam Semesta awal berevolusi menjadi galaksi teratur di kosmos saat ini," kata Lucie Rowland, kandidat PhD dan penulis utama.

Hanya ALMA yang Mampu Melakukannya

REBELS-25 awalnya terdeteksi dalam pengamatan sebelumnya oleh tim yang sama, juga menggunakan ALMA. Saat itu, penemuan tersebut menggembirakan dan menunjukkan tanda-tanda rotasi, tetapi resolusi data tidak cukup baik untuk memastikan.

Oleh karena itu, tim melakukan pengamatan lanjutan dengan ALMA pada resolusi yang lebih tinggi, yang mengkonfirmasi sifatnya yang memecahkan rekor. "ALMA adalah satu-satunya teleskop yang ada dengan sensitivitas dan resolusi untuk mencapai ini," kata Renske Smit, peneliti di Liverpool John Moores University (Inggris).

Lengan Spiral Mengubah Pemahaman Kita

Dengan mengejutkan, data juga menunjukkan fitur yang lebih berkembang mirip dengan Bima Sakti seperti batang memanjang di pusatnya, dan bahkan lengan spiral. Namun, pengamatan lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

"Menemukan bukti lebih lanjut dari struktur yang lebih maju akan menjadi penemuan yang menarik, karena ini akan menjadi galaksi terjauh dengan struktur semacam itu yang diamati hingga saat ini," kata Rowland.

Pengamatan di masa depan terhadap REBELS-25, bersama dengan penemuan galaksi berputar awal lainnya, berpotensi mengubah pemahaman kita tentang pembentukan galaksi awal dan evolusi Alam Semesta secara keseluruhan.