Kamis 10 Oct 2024 10:42 WIB

Wapres Sebut Kawasan Indo-Pasifik Bernilai Strategis

Wapres sampaikan pentingnya menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan.

Wapres Maruf Amin saat di KTT ke-27 ASEAN-China di Vientiane, Laos, Kamis (10/10/2024).
Foto: BPMI Setwapres
Wapres Maruf Amin saat di KTT ke-27 ASEAN-China di Vientiane, Laos, Kamis (10/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Muhammad Hafil dari Vientiane, Laos

Wapres RI Maruf Amin menyebut kemitraan ASEAN-China terus tumbuh positif di tengah ketidakpastian global. Ini ditandai dengan rekor perdagangan sebesar 702 miliar dolar AS tahun lalu.

Baca Juga

“Saya optimistis ini dapat terus berlanjut jika kawasan kita tetap stabil dan damai,” ujar Wapres saat KTT ke-27 ASEAN-China yang diselenggarakan di National Convention Centre (NCC) Vientiane, Laos, Kamis (10/10/2024).

Wapres pun menyampaikan beberapa pesan strategis. Salah satunya terkait pentingnya menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan.

“Kawasan Indo-Pasifik bernilai strategis. ASEAN berkomitmen kuat menjaga stabilitas dan kondusifnya kawasan untuk keuntungan kita bersama,” kata Wapres.

Untuk itu, Wapres menyampaikan Indonesia menyambut baik Pertemuan Trilateral antara Cina, Jepang, dan Korea Selatan bulan Mei lalu, yang mendukung perdamaian dan kemakmuran kawasan, serta sentralitas ASEAN.

KTT ASEAN-China ke-27 diselenggarakan di National Convention Centre (NCC), Vientiane, Laos, Kamis (10/10/2024). Pertemuan itu dihadiri oleh PM Cina Li Qiang dan para pemimpin negara ASEAN.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement