Kamis 10 Oct 2024 20:04 WIB

Jelang Pilkada, Pjs Bupati Dedi Taufik Ingatkan ASN Jaga Netralitas dan Kondusivitas

Pentingnya menjaga suasana kondusif di tengah dinamika politik menjelang Pilkada

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, resmi melantik Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik menjadi Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indramayu di Gedung Sate, Kota Bandung
Foto: Dok Republika
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, resmi melantik Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik menjadi Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indramayu di Gedung Sate, Kota Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kabupaten Indramayu sudah memasuki usia ke-497 tahun. Momen penting ini harus dijaga dengan menjaga dan meningkatkan prestasi serta layanan pemerintah kepada masyarakat. Selain itu, kontestasi politik yang saat ini berproses harus rampung tanpa adanya gangguan kondusivitas.

Menurut Penjabat sementara (Pjs) Bupati Indramayu, Dedi Taufik, sejarah panjang wilayah Indramayu menjadi bukti bahwa semua yang ada di dalamnya berperan penting menjaga kerukunan. ‘’Semangat menjaga kebersamaan dan stabilitas di tengah masyarakat tetap harus terjaga dengan baik. Momen itupun bisa disikapi dengan refleksi bagi seluruh elemen pemerintahan untuk terus menjaga kinerja yang baik,’’ ujar Dedi, Kamis (10/10/2024).

Baca Juga

Dedi mengingatkan pentingnya menjaga suasana kondusif di tengah dinamika politik menjelang Pilkada Serentak. Ia memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas dan integritas. ‘’Di masa seperti ini, stabilitas sosial dan keamanan sangat penting. Saya berharap masyarakat tetap menjaga kerukunan, meskipun ada perbedaan pandangan politik. ASN harus menjaga netralitasnya,’’ ujar Pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar itu.

‘’Indramayu adalah rumah kita bersama, dan kita harus bersama-sama menjaga agar tetap kondusif,’’ imbuh Dedi.

Dedi juga menegaskan, di masa tugasnya yang hanya dua bulan, pemerintah kabupaten akan terus mengawal program strategis dan pelayanan publik. ‘’Kami akan terus berupaya mempertahankan prestasi yang sudah ada, sembari mendorong inovasi untuk pembangunan yang lebih baik, baik di sektor infrastruktur, pendidikan, maupun ekonomi,’’ katanya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Indramayu mendapatkan beragam penghargaan. Di antaranya, kinerja dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka tahun 2023 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan sebagai penggerak pengelolaan sampah laut tahun 2024 dari Menteri Kelautan dan Perikanan. Lalu, penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan kategori pratama dalam pencapaian Universal Health Coverage (UHC) dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Indramayu menduduki peringkat keempat secara nasional dan pertama di Tingkat provinsi berdasarkan penyelenggaraan pemerintah berdasarkan evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) tahun lalu dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan kepada Desa Mekarjati sebagai Desa Siap Siaga terhadap pelaksanaan Program pencegahan radikalisme dan terorisme dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Kemudian, mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan atas laporan pemeriksaan keuangan tahun 2023.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement