Rabu 16 Oct 2024 14:59 WIB

Keren, UMM Luncurkan Pusdiklat Kebencanaan Bidang Kesehatan

Pusdiklat ini akan membahas dan melaksanakan mulai dari hulu hingga hilir.

UMM meluncurkan pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) kebencanaan bidang kesehatan, Rabu (16/10/2024).
Foto: Humas UMM
UMM meluncurkan pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) kebencanaan bidang kesehatan, Rabu (16/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Gebrakan kembali dihadirkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Terbaru, UMM meluncurkan pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) kebencanaan bidang kesehatan pada 16 Oktober ini. Kehadiran Pusdiklat ini semakin memperkuat kiprah Kampus Putih yang senantiasa hadir membantu masyarakat ketika mengalami bencana. Mulai dari banjir, gempa, longsor, letusan gunung berapi dan lainnya.

Terkait peluncuran ini, Rektor UMM Prof Nazaruddin Malik menjelaskan bahwa pusdiklat ini akan membahas dan melaksanakan mulai dari hulu hingga hilir. Tidak hanya fokus pada materi dan diskusi maupun pemikiran saja, tetapi juga benar-benar bertindak dalam mengantisipasi serta mengendalikan efek bencana.

Launching dan simposium ini diharapkan bisa memberikan wawasan baru, inspirasi, dan kesiapan dalam menanggulangi serta recovery terhadap efek bencana yang muncul. Menurut saya, segala hal yang terjadi karena alam maupun kelalaian manusia, perlu diukur sejauh mana kemampuan kita dalam menanggulanginya,” katanya.

Nazar, sapaan akrabnya bercerita bahwa upaya antisipasi memang harus diperhatikan. Dia memberikan contoh bagaimana semua gedung dan sarana di UMM sudah diasuransikan. Kemudian, Kampus Putih juga sudah memiliki mekanisme jika terjadi bencana. Mulai dari titik kumpul, alur evakuasi, dan lain sebagainya.

 

photo
UMM meluncurkan pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) kebencanaan bidang kesehatan, Rabu (16/10/2024). - (Humas UMM)

Peluncuran pusdiklat kebencanaan bidang kesehatan ini tak lepas dari kiprah dan upaya yang sudah dilakukan UMM. Salah satunya bagaimana rumah sakit umum miliki UMM mampu menangani Covid-19 yang terjadi beberapa tahun lalu. Mereka sukses membantu menekan angka penyebaran virus dan meningkatkan potensi kesembuhan pasien. Bahkan RSU UMM sukses mendapatkan penghargaan dari pemerintah Jawa Timur.

“Saat Covid-19, kami memiliki sistem yang baik dalam menanganinya. Di antaranya menyediakan tempat untuk isolasi, menyediakan vitamin, atap RS untuk berjemur, hingga teknik pengambilan maupun mengirim logistik. Bahkan kami juga sudah membuat APD sendiri. Maka kehadiran Pusdiklat ini tentu akan memperkuat sistem dan kiprah UMM,” katanya.

Adapun UMM juga memiliki komunitas bencana, yakni mahasiswa relawan siaga bencana (Maharesigana) yang sudah sejak lama turun ke berbagai lokasi kebencanaan, Membantu berbagai warga, tidak hanya di hal-hal fisik, tapi juga membantu para korban bencana untuk bangkit secara psikologis. Sarana dan prasarana Pusdiklat ini juga sangat baik. Mampu menyediakan rusunawa, SDM unggul maharesigana, tim dokter RS UMM, hingga melibatkan MDMC Muhammadiyah. Dilengkapi dengan sarana prasarana mumpuni, Pusdiklat UMM diharapakan jadi yang terdepan membantu sesama.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement