Rabu 16 Oct 2024 18:30 WIB

Bayi Laki-Laki Ditemukan di Dalam Tas Ransel di Bandung Barat, Diduga Dibuang Orang Tua

Tas ransel cokelat tergeletak di depan rumah disertai suara tangisan bayi

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Bayi berjenis kelamin laki-laki dibuang orang tuanya (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Bayi berjenis kelamin laki-laki dibuang orang tuanya (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Bayi laki-laki ditemukan berada di dalam tas ransel di Kampung Galumpit, RT 03 RW 12 Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (15/10/2024) sore. Kondisi bayi saat ditemukan dalam keadaan sehat meski berada di dalam tas ransel dengan kondisi tertutup.

Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, bayi tersebut mengenakan topi dan kain selimut. Ari-ari bayi bersih dan dibalut perban. Diduga bayi tersebut dibuang orang tuanya.

Baca Juga

Kasi Humas Polres Cimahi Iptu Gofur Supangkat mengatakan bayi laki-laki tersebut ditemukan di dalam tas ransel warna cokelat pada Selasa (15/10/2024) sekitar pukul 17.30 WIB. Bayi tersebut ditemukan dalam kondisi sehat. "Betul penemuan bayi itu kejadiannya hari Selasa 15 Oktober 2024 sekira pukul 17.30 WIB," kata dia, Rabu (16/10/2024).

Gofur melanjutkan seorang warga mendengar suara kendaraan di depan rumahnya. Ia menyangka kendaraan  tersebut milik petugas paket yang mencari alamat.

Namun, warga tersebut melihat tas ransel cokelat tergeletak di depan rumah disertai suara tangisan bayi dalam tas ransel. Ia pun kaget lalu memberitahu warga lain dan bersama-sama memberanikan diri membuka isi tas. "Setelah dibuka terdapat seorang bayi laki-laki dalam keadaan menangis menggunakan selimut warna ungu," kata dia.

Pihaknya melaporkan kejadian itu ke Polsek Batujajar. Setelah ditemukan, bayi dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan perawatan dan memastikan kondisi kesehatannya.

Kepala TU Puskesmas Batujajar Evi Vilianti mengatakan kesehatan bayi sehat dan normal. Pihaknya berencana membawa bayi tersebut ke rumah aman Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat. "Alhamdulillah bayinya sehat," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement