Kamis 17 Oct 2024 21:48 WIB

Dapat Dua Kartu Merah, PSIS Takluk 0-2 dari Persija

Persija naik ke posisi enam klasemen BRI Liga 1 dengan nilai 12.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua kartu merah yang didapat pemainnya membuat PSIS Semarang tak berdaya saat menjamu Persija Jakarta dalam laga pekan kedelapan BRI Liga 2024/2025. PSIS harus mengakui keunggulan Persija 0-2 dalam laga yang berlangsung Kamis (17/10/2024) di Stadion Madya Magelang.

PSIS sudah bermain dengan 10 pemain pada menit ke-20. Kiper utama mereka Adi Satryo harus mendapatkan kartu merah langsung setelah melanggar Gustavo. Bola diumpan ke belakang barisan pertahanan PSIS Semarang, Gustavo berhasil menyentuh bola terlebih dahulu kemudian Adi yang terlambat membentur Gustavo yang sudah unggul mengontrol bola. Tanpa VAR, wasit langsung memberikan kartu merah karena pelanggaran kerasnya.

Baca Juga

Menit ke-24, Gajos berhasil memaksimalkan peluang dari tendangan bebas bola dieksekusi dengan tenang melewati atas kepala pagar betis yang berusaha menghalau. Bola berhasil masuk ke dalam gawang karena kiper pengganti Rizky Darmawan gagal menjangkau bola. Persija unggul 1-0 dari tuan rumah.

Menit ke-45, Dewangga melakukan tendangan roket dari luar kotak penalti dengan kaki kirinya, Andritany terbang untuk menepis bola yang mengarah ke gawang. Hingga babak pertama usai skor tak berubah.

 

Unggul jumlah pemain, Persija semakin dominan di babak kedua. Menit ke-47, memulai build up dari Doni Tri mengoper kepada pengatur serangan Gajos. Melihat Simic tak terkawal di sisi kanan lapangan, bola langsung diberikan ke Ryo yang sudah berdiri di dalam kotak penalti. Dengan sekali kontrol, Ryo menendang bola sambil memutar, tapi masih melebar dari gawang.

Menit ke-57, Rizky Darmawan hampir saja memberikan gol kedua untuk Persija Jakarta. Rayhan Hannan memberikan pressing ke kiper setelah pemain belakang memberikan backpass, Rizky gagal menyambut sehingga bola hampir direbut Rayhan. Untungnya, bola berhasil dibuang.

Menit ke-86, pemain PSIS Ruxi Bonnet dikeluarkan dari lapangan setelah mendapatkan kartu merah langsung. Ruxi menekel kaki Resky Fandi setelah terlambat untuk mencegat bola. Pada awalnya wasit memberikan kartu kuning. Namun setelah melakukan review VAR Ruxi ternyata menekel keras yang bisa mengakibatkan cedera.

Ruxi pun menerima kartu merah tanpa protes karena ia menyadari apa yang sudah ia lakukan. PSIS kembali kekurangan pemain dengan hanya sembilan orang yang bermain di lapangan.

Menit ke-88 Rayhan Hannan memastikan Persija membungkus tiga poin. Ryo mendapatkan bola di sisi kiri lapangan, ia melihat Rayhan sudah bergerak tanpa pengawalan. Rayhan membawa bola ke dalam kotak penalti dan tinggal berhadapan Rizky. Ia dengan mudah menaklukkan Rizky untuk memastikan Persija menang dengan skor 2-0.

Tambahan tiga poin membuat Persija naik ke posisi enam dengan nilai 12 hasil dari tiga menang, tiga imbang dan dua kalah. Sedangkan PSIS posisi ke-14 dengan nilai tujuh, hasil dari dua menang, satu imbang dan lima kali kalah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement