Jumat 18 Oct 2024 18:09 WIB

Iran Bandingkan Yahya Sinwar dengan Saddam Hussein yang Memohon tak Dibunuh Saat Ditangkap

Iran menilai Yahya Sinwar akan menjadi inspirasi bagi pemuda dan anak-anak Palestina.

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar.
Foto: AP Photo/Hatem Moussa
Pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Misi diplomatik Iran di PBB mengatakan, bahwa pemimpin Hamas Yahya Sinwar akan menjadi sumber inspirasi bagi pemuda dan anak-anak Palestina untuk terus melanjutkan perjuangan kemerdekaan Palestina. Israel sejak Kamis (17/10/2024) mengklaim militernya telah membunuh Yahya Sinwar dalam suatu operasi di selatan Jalur Gaza.

"Saat pasukan AS menyeret Saddam Hussein keluar dari lubang bawah tanah, dia memohon kepada mereka untuk tidak membunuhnya meski saat itu dia memegang senjata. Mereka yang menganggap Saddam sebagai panutan seorang pejuang akhirnya runtuh," demikian pernyataan misi diplomatik Iran di PBB di New York lewat unggahan di X, dilansir IRNA, pada Jumat (18/10/2024).

Baca Juga

"Namun, saat bangsa Muslim melihat Sinwar menjadi martir tetap berdiri di medan perang, - mengenakan seragam perang dalam ruang terbuka bukan dalam persembunyian, menghadapi musuh - spirit perjuangannya akan semakin menguat," tambah pernyataan misi diplomatik Iran.

Misi diplomatik Iran di PBB meyakini Yahya Sinwar akan menjadi "seorang panutan bagi pemuda dan anak-anak yang akan melanjutkan jalan kemerdekaan bangsa Palestina. Selama pendudukan dan serangan eksis, para pejuang tak akan hilang, para martir akan tetap hidup dan menjadi sumber inspirasi."

 

 

sumber : Antara, Anadolu, Sputnik-OANA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement