Rabu 23 Oct 2024 11:20 WIB

Mesin Gol Vitesse Arnhem Keturunan Depok Ini Jadi Solusi Lini Serang Timnas Indonesia

Miliano telah mencetak tujuh gol dan tiga assist dari 11 pertandingan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Miliano Jonathans
Foto: Vitesse Arnheim
Miliano Jonathans

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia terus menunjukan peningkatan permainan yang semakin solid. Lini pertahanan tim asuhan Shin Tae-yong ini bisa dibilang sudah cukup mumpuni dan bisa bersaing dengan negara-negara Asia. Terbukti dari empat laga Skuad Garuda baru kebobolan lima gol.

Namun yang terus menjadi sorotan adalah di posisi penyerang. Sejauh ini, Indonesia belum memiliki pemain depan yang rajin mencetak gol. Sebab, selama ini pemain naturalisasi Indonesia lebih banyak berposisi sebagai pemain bertahan.

Baca Juga

Nampaknya timnas Indonesia ingin memperkuat lini bertahan terlebih dahulu. Setelah di bawah sudah cukup solid, kini saatnya mencari penyerang haus gol untuk mendongkrak penampilan pada lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Kini muncul secerah harapan. Ada pemain berdarah Indonesia tepatnya dari daerah Depok Jawa Barat yang memiliki kualifikasi untuk menjadi pemain depan yang subur. Pemain ini adalah Miliano Jonathans. Ia pemain klub Liga 2 Belanda Vitesse Arnhem. Posisi Miliano bukan penyerang, tapi gelandang serang atau winger, Meski demikian, ia sering mencetak gol bersama timnya.

Saat ini dari sebelas pertandingan yang telah dimainkan, pemain berusia 20 tahun ini telah mencetak tujuh gol dan tiga assist.

Terbaru, pemain berkaki kidal ini mencetak satu gol dan satu assist saat Vitesse Arnhem bermain 2-2 dengan FC Dordrecht di lanjutan Liga 2 Belanda 2024-2025, Rabu (23/10/2024) dini hari WIB.

Untuk laga melawan Jepang (15/11/2024) dan Arab Saudi (19/11/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta pastinya belum memungkinkan untuk memainkan Miliano. Pasalnya sejauh ini belum ada pertemuan resmi, makan bersama, dan salaman dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Berbeda dengan Kevin Diks yang sudah bersalaman dengan Erick, sehingga proses naturalisasi akan dikebut untuk laga di Senayan nanti. Namun masih ada waktu untuk laga selanjutnya melawan Australia 20 Maret tahun depan, serta menjamu Bahrain lima hari kemudian.

Dilansir dari media Belanda, Miliano membenarkan sudah dikontak oleh perwakilan pelatih Shin Tae-yong.

"Saya membuka pintu, jadi saya tidak akan mengesampingkan apa pun dulu. Ini hanya masalah menunggu dan melihat," kata Jonathan dalam wawancara dengan ESPN Belanda beberapa waktu lalu.

Ia beralasan tak mau terburu-buru karena baru pulih dari cedera berat. Menurut dia, saat ini fokusnya hanya bisa memulai musim dengan sebugar mungkin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement