Jumat 25 Oct 2024 07:11 WIB

Agar Tangguh dan Sejahtera, Ini 7 Dimensi Lansia yang Harus Diperhatikan

Menurut Eneng, ada 7 dimensi yang dapat dilakukan untuk mewujudkan lansia tangguh, yakni dimensi spiritual dengan memperdalam ilmu dan aktivitas keagamaan.

Rep: rusdy nurdiansyah/ Red: Partner
.
Foto: network /rusdy nurdiansyah
.

Para<a href= lansia senang melakukan giat senam. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)" />
Para lansia senang melakukan giat senam. (Foto: Dok Ruzka Indonesia)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Agar kelompok lanjut usia (lansia) di Kota Depok ini semakin tangguh dan sejahtera di masa tuanya,.ini yang harus diperhatikan

Lansia tangguh adalah lansia yang mampu beradaptasi dengan proses penuaan secara positif. Serta lansia yang hidupnya tetap sehat, mandiri, aktif kreatif, responsif, dan terampil atau disingkat Smart.

"Meskipun mengalami penurunan dari segala sisi tapi tetap berdaya, tangguh dan sejahtera," ujar.Sekretaris Bappeda Kota Depok, Eneng Sugiarti yang disampaikan dalam acara Kongko Pembangunan Kota Depok dengan para lansia beberapa waktu lalu.

Menurut Eneng, ada 7 dimensi yang dapat dilakukan untuk mewujudkan lansia tangguh, yakni dimensi spiritual dengan memperdalam ilmu dan aktivitas keagamaan.

Lanjut, dimensi emosional dengan mengolah hati dan pikiran agar tetap bahagia. Dimensi intelektual yaitu melatih otak dengan membaca. Dimensi fisik, menjaga tubuh tetap bugar dan aktif dengan olahraga.

Kemudian dimensi sosial, memperbanyak bergaul dengan teman seusianya. Dimensi lingkungan yakni menjaga lingkungan fisik dan non fisik agar lansia tetap nyaman.

"Terakhir, dimensi vokasional dengan mengembangkan keahlian agar tetap berdaya," terang Eneng.

Dia juga menyebut, populasi warga Depok yang berusia 55-74 tahun sebanyak 12,91 persen. Kelompok usia ini dinamakan generasi baby boomer.

"Sedangkan generasi post boomer berusia 75 tahun ke atas ada 1,39 persen dari populasi warga Depok," ungkap Eneng. (***)

sumber : https://ruzkaindonesia.id/posts/484153/agar-tangguh-dan-sejahtera-ini-7-dimensi-lansia-yang-harus-diperhatikan
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement