Senin 28 Oct 2024 20:35 WIB

LA Times tak Dukung Kamala Harris Karena Pemiliknya Pro-Palestina?

Kamala Harris disebut terlibat membiarkan genosida oleh Israel di Gaza.

Demonstran pro-Palestina berunjuk rasa memprotes dukungan Amerika Serikat terhadap Israel dan mengutuk serangan Israel ke Gaza di luar Gedung Putih, Washington DC, Selasa (28/5/2024).
Foto: EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS
Demonstran pro-Palestina berunjuk rasa memprotes dukungan Amerika Serikat terhadap Israel dan mengutuk serangan Israel ke Gaza di luar Gedung Putih, Washington DC, Selasa (28/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES – Dr Patrick Soon-Shiong, pemilik Los Angeles Times, telah memutuskan untuk menarik dukungan surat kabarnya terhadap pencalonan Kamala Harris sebagai presiden AS. Hal ini disebut putrinya sehubungan sikap wakil presiden AS tersebut yang terus membela Israel yang melakukan genosida di Gaza yang telah berlangsung setahun lebih.

Keputusan tersebut menyebabkan tiga anggota dewan redaksi mengundurkan diri sebagai protes, dan sekitar 200 karyawan menandatangani surat yang meminta klarifikasi dari manajemen. 

Baca Juga

“Saya tidak menyesal sama sekali. Faktanya, menurut saya itu adalah keputusan yang tepat,” kata Patrick  Soon-Shiong dalam wawancara dengan the Times pada Jumat pekan lalu. “Prosesnya adalah [untuk memutuskan]: bagaimana cara terbaik kami memberikan informasi kepada pembaca kami? Dan tidak ada orang yang lebih baik dari kami yang mencoba menyaring fakta dari fiksi” sambil menyerahkan kepada pembaca untuk membuat keputusan akhir mereka sendiri.

Mengomentari keputusan tersebut, putri Soon-Shiong, Nika, menulis di X: “Ini bukan dukungan untuk Donald Trump. Ini adalah penolakan untuk MENDUKUNG kandidat yang memantau perang terhadap anak-anak,” tulis Nika dilansir Middle East Monitor. 

Ia menambahkan, “tak ada yang namanya anak-anak kegelapan, tak ada yang namanya manusia binatang,” kata dia merujuk pernyataan pejabat Israel dalam membenarkan penyerangan ke Gaza. “Bagi saya, genosida adalah hal yang terlarang,” tambahnya.

Nika sebelumnya menyoroti tingginya angka kematian anak akibat serangan udara Israel di Gaza hanya tiga minggu setelah Tel Aviv melancarkan kampanye genosida. Patrick Soon-Shiong menanggapi pada hari Sabtu, mengatakan putrinya tidak berperan dalam dukungan tersebut.

“Nika menyampaikan pendapatnya dalam kapasitas pribadinya, karena setiap anggota masyarakat berhak melakukannya. Dia tidak memiliki peran apa pun di LA Times, dia juga tidak berpartisipasi dalam pengambilan keputusan atau diskusi apa pun dengan dewan redaksi, seperti yang telah dijelaskan berkali-kali,” katanya dalam sebuah pernyataan. Dr Patrick Soon-Shiong, seorang miliarder industri bioteknologi keturunan Afrika Selatan dan Cina, mengakuisisi LA Times pada 2018.

Selama setahun terakhir, para ahli dan jurnalis veteran semakin menuduh media-media terkemuka Barat mempertahankan bias pro-Israel sambil tidak memanusiakan warga Palestina dan meminimalkan penderitaan mereka.

Sejumlah kecil jurnalis di The New York Times dan BBC telah mengundurkan diri secara terbuka, dengan alasan hati nurani mereka. Pihak lain telah mencoba mengubah keadaan dari dalam melalui kampanye dan pertemuan internal.

 

“Ini adalah momen dalam sejarah yang jarang kita lihat di mana kita sebenarnya melihat genosida dilakukan,” kata Craig Mokhiber, pejabat hak asasi manusia PBB yang mengundurkan diri tahun lalu karena respons organisasi tersebut terhadap perang Israel di Gaza kepada Aljazirah.

“Dalam situasi di mana negara-negara Barat seperti Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara lain terlibat, terdapat media Barat yang sebenarnya telah menjadi bagian dari mekanisme genosida. Itulah yang berbeda. Itulah yang menakutkan.”

Aljazirah beberapa waktu lalu mewawancarai sepuluh jurnalis yang telah meliput perang di Gaza untuk dua jaringan berita terkemuka di dunia, CNN dan BBC. Mereka mengungkapkan cara kerja ruang berita mereka mulai tanggal 7 Oktober dan seterusnya, dengan tuduhan bias pro-Israel dalam peliputan, standar ganda yang sistematis dan seringnya pelanggaran prinsip jurnalistik.

Dalam beberapa kasus, mereka menuduh tokoh-tokoh senior di redaksi gagal meminta pertanggungjawaban pejabat Israel dan ikut campur dalam pemberitaan untuk meremehkan kekejaman Israel. Dalam salah satu contoh di CNN, propaganda palsu Israel tetap disiarkan meskipun sudah ada peringatan sebelumnya dari anggota staf.

photo
BUKTI GENOSIDA ISRAEL - (Republika)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement