REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Merchandise yang terkait dengan grup K-pop BTS menjadi yang paling banyak dicari di platform jual beli barang bekas, Bungaejangter. Informasi ini terungkap dalam laporan tren merchandise K-pop global yang dirilis Kamis (28/11/2024).
Sejak Juli 2023, perusahaan ini telah menjalankan Global Bunjang, yang menyediakan platform bagi pengguna di luar negeri untuk mengakses dan membeli merchandise bekas dari pasar Korea. Merchandise yang berhubungan dengan K-pop merupakan kategori paling populer di Global Bunjang, terhitung sekitar 69 persen dari total transaksi.
“BTS adalah artis K-pop yang paling banyak dicari di layanan ini antara Januari dan Oktober tahun ini, diikuti oleh Seventeen, PLAVE, NCT, dan IVE,” demikian menurut laporan tersebut, dilansir Korea Times, Kamis (28/11/2024).
Fandom yang paling aktif dalam transaksi merchandise K-pop juga jatuh pada Army, mengungguli fandom Stay dari Stray Kids dengan selisih yang signifikan. Jumlah transaksi yang dilakukan oleh Army dua kali lipat lebih banyak daripada Stay, menyoroti pengaruh fandom ini bahkan selama masa hiatus BTS sebagai grup.
Saat ini, dua anggota BTS yakni Jin dan J-hope telah merampungkan wajib militer. RM, Suga, Jimin, V, dan Jungkook diperkirakan akan selesai pada bulan Juni 2025, sehingga memungkinkan BTS untuk kembali beraktivitas secara penuh.
Di antara kategori merchandise K-pop, photo card menjadi barang dengan harga jual tertinggi. Kartu foto anggota BTS Jimin, terjual seharga 3 juta won atau sekitar Rp 34 juta, menjadikannya item termahal yang pernah diperdagangkan di platform ini. Pada posisi kedua adalah photocard dari girl group Loona yang terjual seharga 2 juta won, serta kalender D-DAY BTS Suga berada di posisi ketiga dengan harga 1,5 juta won.
Barang yang paling cepat terjual di Global Bunjang adalah satu set souvenir edisi terbatas dari konser IU di Berlin pada bulan Juni, termasuk gantungan kunci logo fandom dan pin yang diberikan kepada para penonton konser. Set yang sangat didambakan ini terjual habis hanya dalam waktu 23 detik setelah terdaftar.
IU berhasil menyelesaikan tur dunia pertamanya, “IU HEREH World Tour,” yang dimulai pada Maret. Ia tampil di berbagai kota termasuk London, Berlin, dan Bangkok, serta beberapa kota di Amerika Utara. Di antara pengguna internasional, pelanggan dari Amerika Serikat memimpin lalu lintas internasional ke platform ini, diikuti oleh pelanggan dari negara-negara Asia, termasuk Jepang, Cina, dan Vietnam.
“Pengguna aktif bulanan platform Global Bunjang telah tumbuh sebesar 95 persen pada bulan Oktober ini dibandingkan dengan bulan Januari tahun ini, yang mengindikasikan adanya peningkatan yang terus menerus pada pengguna dari luar negeri yang mencari barang dagangan yang berhubungan dengan K-pop,” kata Bungaejangter dalam sebuah pernyataan.