REPUBLIKA.CO.ID,Contemporary Amperex Technology (CATL) merilis informasi baru tentang proyek Choco-SEB (Swapping Electric Blocks). Proyek ini bertujuan untuk menstandardisasi pertukaran baterai di seluruh China, dan membangun 30.000 stasiun tukar baterai.
Enam merek telah bergabung dengan sindikat pertukaran baterai CATL dan mengonfirmasi untuk memproduksi massal 10 model dengan baterai yang dapat ditukar Choco-SEB. Di antaranya adalah Wuling Bingo atau GAC Aion S dari SGMW, yang akan diluncurkan dengan dukungan penggantian baterai pada awal tahun 2025.
Stasiun penggantian Choco-SEB milik CATL akan memiliki 14 – 30 kompartemen baterai besar. Diperlukan waktu 100 detik untuk mengganti baterai kosong dengan baterai penuh, dan kapasitas hariannya adalah 822 penggantian. “Biaya langganan penggantian baterai Choco-SEB adalah 0,1 yuan/km (0,014 dolar AS),” menurut CATL Senin (23/12/2024).
Menurut CATL tingkat keberhasilan penggantian akan mencapai 99,99 persen. Raksasa baterai Tiongkok itu bertujuan untuk membentuk 33,6 juta kWh penyimpanan energi di stasiun penggantian baterai dan 1,12 miliar kWh penyimpanan di dalam kendaraan. CATL juga akan menerapkan sistem B2G (baterai ke jaringan), yang memungkinkan energi yang tersimpan dalam baterai EV dikirim kembali ke jaringan listrik saat dibutuhkan.
Perusahaan akan membangun 1.000 stasiun swap pada tahun 2025, dengan target 10.000 dalam jangka menengah (CATL tidak memberikan tanggal spesifik) dan 30.000 pada tahap akhir.
Menurut CATL, paket baterai Choco-SEB tersedia dalam kemasan 20# dan 25# sebagai alternatif untuk bensin oktan 92 dan 95. Kedua jenis tersebut dapat berupa LFP atau NMC dan menawarkan jangkauan hingga 600 km.
Sindikasi pertukaran baterai
Target utama CATL adalah untuk menstandardisasi pertukaran baterai di Tiongkok, sehingga perusahaan tersebut mengungkapkan mitra yang kuat dalam sindikasi pertukaran baterainya. Mitra tersebut termasuk GAC, BAIC, Wuling, SAIC, atau FAW. CATL juga merilis jadwal peluncuran kendaraan listrik dengan dukungan Choco-SEB, dimulai dengan Chnagan Oshan 520 awal tahun depan.
Pemimpin pasar baterai pengganti saat ini di Tiongkok, Nio, tidak disebutkan dalam presentasi CATL. Nio meluncurkan merek EV baru Firefly pada hari Sabtu, dan CEO perusahaan William Li mengatakan ada kemungkinan kerja sama antara Firefly dan sindikat pertukaran baterai CATL tanpa perincian lebih lanjut.
Stasiun pertukaran generasi ketiga Nio (PSS 3.0) memiliki 21 kompartemen baterai dan dapat melakukan hingga 408 pertukaran baterai setiap hari. Satu pertukaran membutuhkan waktu sekitar 3 menit.
CATL meluncurkan baterai yang dapat ditukar Choco-SEB di Tiongkok pada tanggal 18 Desember untuk menstandardisasi pertukaran baterai. "Kami akan terus mempromosikan standardisasi pertukaran baterai – yang terpenting adalah standardisasi ukuran baterai," kata CEO CATL Robert Zheng selama konferensi tersebut.