Senin 04 Jul 2011 18:46 WIB

Pelatihan Guru Matematika, Fisika dan Kimia di 22 Kota

Red: taufik rachman
pelatihan guru
pelatihan guru

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sukses menggelar program ICT Guru di 18 Kota se-Indonesia yang diikuti 2.800 guru bidang matematika pada tahun 2010, tahun ini Telkomsel kembali menjalankan program tersebut. Sasarannya kali ini mencakup 22 kota di Tanah Air dengan peserta tidak hanya pendidik bidang matematika, namun juga pengajar ilmu fisika dan kimia.

Salah satu parameter sukses penerapan kegiatan corporate social responsibility (CSR) adalah pelaksanaan yang berkelanjutan. Hal itu pula yang menjadi prinsip dasar Telkomsel dalam mengimplementasikan program kegiatan CSR. Salah satunya adalah program CSR bidang pendidikan, ICT Guru sebagai salah satu aktivitas utama tanggung jawab sosial Telkomsel.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengungkapkan, "Telkomsel, tidak menempatkan CSR hanya sekedar komitmen, namun harus berkelanjutan dan terus memiliki nilai kreasi dan manfaat bagi negeri. Termasuk pada program CSR bidang pendidikan ICT Guru 2011. Tahun ini sasarannya selain guru matematika, juga melibatkan pengajar bidang fisika dan kimia. Dengan memperkenalkan pemanfaatan perangkat information and communications technology (ICT), kualitas dan kompetensi pengajar bidang tersebut dapat lebih ditingkatkan."

Mengawali ICT Guru Telkomsel 2011 dilaksanakan "Training of Trainers"  sebagai tahap permulaan. Pada tahap persiapan program ini, sebanyak dua guru perwakilan dari lokasi sasaran pelaksanaan program di antaranya; Medan, Palembang, Padang, Bukit Tinggi, Banten, Tangerang, Jakarta, Surabaya, Malang, Samarinda, Balikpapan, Ambon, Kupang, dan Jayapura, akan diberikan pelatihan awal mengenai program ICT Guru Telkomsel 2011.

Dilakukan selama tiga hari, di hari pertama peserta diberikan pelatihan meliputi: pre test scanning knowledge, overview modular dan ICT, edukasi situs www.telkomselsahabatguru.com, ICT untuk pelajaran terkait hingga bahan ajar berbentuk digital. Di hari kedua, materi yang diberikan berupa: modul ICT pelajaran terkait, membuat bahan ajar digital, dan diakhiri dengan sharing bahan ajar digital. Di hari ketiga akan dilakukan proses belajar bersama dan latihan soal dengan pelajar tingkat SMP dan SMU. Setelah mendapatkan pembekalan awal ini, para peserta "Training of Trainers" akan menjadi person in charge  di setiap lokasi pelaksanaan ICT Guru Telkomsel 2011 di 22 kota se-Indonesia, yang akan dilaksanakan mulai bulan Juli 2011.

Inti program ICT Guru Telkomsel 2011 sendiri terbagi atas tiga kelompok besar aktivitas, yaitu: Off Air Event, mencakup pelatihan guru dan siswa, yang akan membahas tuntas mengenai bahan ajar serta update solusi (penyelesaian soal). Kemudian Online Retention Web Platform sebagai sesi diskusi mengenai ICT dengan materi berupa: sentra file bahan ajar, diseminasi online (coverage) dan forum. Selanjutnya pada tahap terakhir, V Books, peserta akan diperkenalkan dengan bahan ajar terkait berupa virtual pada website www.telkomselsahabatguru.com.

 

Melalui CSR ICT Guru dengan kemasan baru serta jangkauan lokasi dan peserta program yang lebih luas, Telkomsel  optimis, kualitas dan kompetensi guru matematika, fisika, dan kimia akan dapat memenuhi standar pendidikan nasional yang mutunya terus ditingkatkan oleh pemerintah. Telkomsel berkomitmen untuk membangun generasi muda Indonesia dan mendorong masyarakat Indonesia untuk terus maju membangun bangsa. Karena Telkomsel hadir untuk Indonesia, Telkomsel Paling Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement