Selasa 11 Jun 2013 14:07 WIB

Apa Saja Yang Baru di iOS 7? (1)

Red: Yudha Manggala P Putra
CEO Apple, Tim Cook berbicara mengenai iOS 7 di Apple Worldwide Developers Conference, di San Fransisco, 10 Juni 2013.
Foto: AP
CEO Apple, Tim Cook berbicara mengenai iOS 7 di Apple Worldwide Developers Conference, di San Fransisco, 10 Juni 2013.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple baru-baru ini memperkenalkan sistem operasi mobile terbaru iOS 7 dalam ajang Konferensi Pengembang Apple atau Worldwide Developer Conference 2013 di Moscone Center, San Francisco, California, Amerika Serikat.

Perombakan besar dilakukan Apple di iOS 7, baik dari sisi desain juga fitur yang disematkan di dalamnya.

Berikut perubahan terbaik yang dilakukan Apple di iOS 7 seperti dilansir TechCrunch, Selasa (11/6).

1. Desain Modern

Saat Apple menunjuk desainer yang juga Senior Vice Presiden bidang Desain Industri Jonathan Ive untuk memimipin divisi iOS, banyak yang memprediksi desain iOS akan berubah. Prediksi ini pun jadi kenyataan. Di bawah kendali tangan kreatif Jony Ive, Apple pun mematikan desain skeuomorphic yang melekat di iOS sebelumnya.

Skeuomorphic merupakan elemen visual berupa tekstur di dunia nyata yang dihadirkan atau direplikasi di alam digital. Tekstur itu seperti kulit, kayu, dan kertas. Desain ini terlihat pada aplikasi bawaan Apple, misalnya "Ebook Reader" atau "Newsstand", meja hijau di Game Center, atau garis-garis di Notes.

Kali ini Ive menghadirkan desain yang lebih flat dan minimalis, tapi kaya efek. Misalnya saja efek transparan di layar dan pergerakan ikon saat Anda menggerakkan perangkat iOS. Gambar background pun akan terlihat, sehingga tak lagi terlihat bersembunyi di balik ikon-ikon.

2. Kehadiran Tombol 'Back'

Kali ini iOS dilengkapi dengan tombol serupa tombol "back" yang kita kenal di Android. Tapi ini bukan merupakan tombol sungguhan, melainkan sebuah gestur. Anda bisa swipe dari arah kiri (dari bezel ke tengah layar) untuk hadirkan fitur ini. Fitur ini akan muncul di sejumlah aplikasi yang membutuhkan tombol "back". Misalnya saja browser "Safari" dan "Mail".

3. Pembaruan Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan Apple pun akan hadir dalam wajah baru. Misalnya saja aplikasi "Weather" yang kali ini hadir dengan animasi serupa "widget live weather" di Android.

Kalender juga akan lebih bersih dalam warna putih. Perubahan hari bisa dilakukan dengan swipe, dan jika perangkat dihadirkan dalam bentuk landscape, maka akan terlihat jadwal mingguan.

Mail juga mengalami perubahan. Melihat isi email di inbox bisa dilakukan hanya dengan swipe layar. Sedangkan untuk Safari, perubahan besar dilakukan seperti menghadirkan kesan 3D saat mengubah tab, memperbaiki bookmark, hingga terintegrasi dengan Twitter.

Untuk kamera, Apple memperbarui dengan menghadirkan filter-filter layaknya aplikasi "Instagram". Ada juga kemampuan mengubah berbagai mode kamera, dari "panoramic" hingga fitur baru yang disebut "square".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement