Senin 02 Apr 2018 21:13 WIB

Google Luncurkan Asisten Google Berbahasa Indonesia

Untuk mengakses Asisten Google, pelanggan harus menyetel bahasa di perangkat.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Google Assistant. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Google Assistant. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari ini Google meluncurkan Asisten Google dalam Bahasa Indonesia untuk smartphone. Asisten Google kini diluncurkan untuk smartphone yang menggunakan Android 5.0+ atau sistem operasional (OS) Lollipop ke atas. Lalu tersedia pula di iPhone untuk iOS 9.1 ke atas.

Untuk mengakses Asisten Google, pelanggan harus menyetel bahasa di perangkat ke Bahasa Indonesia. Kemudian update aplikasi Google Penelusuran ke versi terbaru.

Dengan Asisten Google, pengguna bisa berbicara dengan Google untuk membantu melakukan banyak hal, seperti mengirim SMS, menyetel pengingat, meminta petunjuk arah, menyetel alarm untuk esok hari dan masih banyak lagi. Jika ingin mencoba, cukup tekan dan tahan tombol Home atau ucapkan Ok Google di smartphone yang mendukung fitur ini.

Head of Marketing Veronica Utama menjelaskan, Asisten Google merupakan teman yang bisa berbahasa Indonesia dan mengerti berbagai hal penting mengenai orang Indonesia. Mulai dari mencari resep nasi goreng, sampai membantu menerjemahkan kalimat ke bahasa Jawa atau menghibur pengguna dengan cerita lucu.