Sabtu 23 Jun 2012 14:07 WIB

VMware Kembangkan Open Source untuk Apache Hadoop

Red: Taufik Rachman
Arsitektur Apache Hadoop
Arsitektur Apache Hadoop

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--VMware mengembangkan proyek bertajuk Serengiti. Ia merupakan open source terbaru untuk Apache Hadoop baik di lingkungan virtual maupun Cloud.

Untuk mendukung projek ini, VMware bekerja sama dengan komunitas Apache Hadoop dalam menyediakan berbagai extension sehingga komponen-komponen  kunci dalam framework tersebut cocok untuk virtualisasi. Melalui kerja sama ini diharapkan skalabilitas Apache Hadoop menjadi lebih elastis sekaligus meningkatkan kinerjanya di lingkungan virtual.

“Apache Hadoop memiliki potensi untuk mengubah bisnis dengan cara memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk memberdayakan potensi data dalam jumlah besar guna  menciptakan keunggulan kompetitif,” kata Jerry Chen, Vice President, Cloud and Application Services, VMware.

Ia menyebut hal itu bagian dari perubahan besar yang terjadi pada aplikasi,  dan perusahaan tengah mencari jalan untuk menggabungkan teknologi baru ini ke dalam portofolio mereka. '' VMware bekerja sama dengan komunitas Apache Hadoop guna memfasilitasi TI enterprise sehingga mereka bisa menggelar dan mengelola Hadoop dengan mudah di lingkungan virtual dan cloud,” papar Jerry.