Ahad 03 Jan 2016 10:23 WIB

'Nadine' Robot Humanoid Menyerupai Manusia

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Winda Destiana Putri
Nadine si robot menyerupai manusia
Foto: Mirror
Nadine si robot menyerupai manusia

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Sebuah robot humanoid telah dikembangkan dengan memiliki karakter mood dan juga emosi. Robot tersebut akan digunakan sebagai perangkat perbantuan karyawan kerja di ruang lingkup perkantoran.

Robot humanoid tersebut memiliki nama Nadine. Nama Nadine sendiri diambil dari salah satu kreatornya, Nadine Thalmann. Bahkan, bentuk tubuh, wajah, kulit hingga rambut pun menyerupai fisik Nadine aslinya.

Dalam sebuah rekaman menunjukan Nadine dapat berinteraksi dan bertugas sebagai asisten, ia pun memiliki kemampuan khusus yang didasari teknologi Artificial Intelligence (AI).

Nadine tidak hanya bisa merespon permintaan penggunanya dengan mencarikan lokasi, membuat jadwal atau melakukan hal administrasi lain layaknya orang kantoran. Robot Humanoid tersebut juga dapat mengingat percakapan antara ia dan penggunanya.

Tim pengembang Nadine menjelaskan, nantinya Nadine  dilengkapi dengan ekspresi humanoid dan gestur yang betul-betul menyerupai manusia.

"Menghadapi tantangan negara di seluruh dunia dari populasi yang menua, robot humanoid dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi tenaga kerja menyusut, menjadi sahabat pribadi untuk anak-anak dan orang tua di rumah, dan bahkan melayani sebagai platform untuk layanan kesehatan di masa depan," ujar Profesor Thalmann, seorang ahli pada manusia virtual, dikutip dari Mirror Ahad (3/1).

Nadine, dikembangkan oleh Nanyang Technological University (NTU) di Singapura, robot tersebut didukung oleh perangkat lunak intelijen mirip dengan yang digunakan oleh Apple Siri. Asisten virtual besutan Apple yang hadir di perangkat iOS, Siri, dikenal sebagai salah satu fitur canggih yang dapat membantu aktivitas penggunanya di kehidupan sehari-hari.

Saat ini, robot tersebut masih dalah tahap uji coba dan dikembangkan lebih lanjut. Meski tidak ada kaitannya dengan Siri besutan Apple, namun tim pengembang Nadine mengklaim bahwa robot ini bakal menjadi wanita cantik saingan berat Siri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement