Jumat 21 Jan 2011 09:14 WIB

N9, Ponsel 4G Pertama Nokia?

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Satu lagi smartphone Nokia muncul kepermukaan. Mengusung desain slider, Nokia N9 tampaknya ingin mengikuti jejak pendahulunya, N8 yang berdesain candy bar.

Spesifikasi N9, hampir memiliki kesamaan dengan N8 seperti kamera 12 mega piksel dan sistem operasi symbian 3. Ponsel yang diperkirakan akan diumumkan resmi bulan depan CPU dengan kecepatan 1,2 Mhz. Kecepatan CPU ini setara dengan Intel Atom atau x86 pada komputer.

Belum ada informasi yang detil mengenai ponsel ini. Namun berkembang spekulasi bahwa N9 akan mendukung layanan long term evolution. Bila asumsi ini benar, N9 tampaknya akan menjadi ponsel 4G pertama Nokia.

Sekadar mengingatkan, N8 merupakan ponsel pertama dengan kamera 12 mega piksel. N8, tampaknya, didedikasikan untuk pengguna ponsel yang membutuhkan kamera berkualitas dengan piksel yang besar. Selain kamera dengan lensa Carl Zeiss, N8 juga dilengkapi dengan Xenon flas serta sensor. Ia tak ubahnya sebuah kamera digital kompak.

Sebagaimana ponsel terkini, akses ke jejaring sosial menjadi salah satu fitur utama. Fitur lain adalah akses ke situs Ovi Store. Dengan ponsel ini, pelanggan juga bisa menikmati televisi (digital) melalui layanan on-demand Web TV programs.

Multimedia memang menjadi selling point N8. Nokia mengklaim ponsel ini bisa digunakan untuk menikmati video berkualitas HD. Yang menarik terdapat fitur untuk mengedit video HD melalui editing suite.

Untuk bisa menikmati audio yang lebih optimal lagi, terdapat koneksi ke home theatre. Sebagai portable entertainment center ia menawarkan kualitas audio yang mumpuni. Penggunanya bisa menikmati video dengan kualitas HD serta dukungan audio Dolby Digital Plus surround untuk audio.

Mengikuti perkembangan yang ada ditengah masyarakat, N8 juga menawarkan kemudahan mengakses layanan televisi internet yang menawarkan program berita, informasi dan hiburan, seperti layanan CNN,  E! Entertainment, Paramount dan National Geographic.

Untuk layanan jejaring sosial, Nokia menambahkan launcher Twitter di home screen bersama-sama dengan facebook. Untuk urusan jejaring sosial, ada fitur baru yang ditambahkan, antara lain transfer calendar event yang ada di jejaring sosial ke ponsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement