Senin 24 Feb 2014 16:52 WIB

Nokia Resmi Hadirkan Tiga Ponsel Android

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Yudha Manggala P Putra
Nokia rilis ponsel Android pertama di MWC Barcelona.
Foto: The Verge
Nokia rilis ponsel Android pertama di MWC Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Nokia akhirnya merilis perangkat Android pertamanya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona. Tak tanggung-tanggung, tiga perangkat Android dirilis sekaligus dalam satu seri, Nokia X, X+ dan XL.

Mengusung desain Lumia, ketiganya mengisi segmen low-end yang ditujukan untuk pasar yang lebih massal. Dengan layar 5 inci, Nokia XL ditawarkan dengan harga 109 euro, Nokia X+ berlayar 4 inci, 99 euro, dan Nokia X dihargai 89 euro.

Khusus untuk Nokia X, Nokia hanya akan menghadirkannya untuk pasar Eropa Timur, Asia, Amerika Selatan dan beberapa negara pilihan lainnya.

Dilansir The Verge (24/2), kelahirannya memang bukan sebagai pesaing iPhone 6 atau Samsung Galaxy 5. Yang mengejutkan justru penggunaan Android pada perangkat Nokia.

Yang dilakukan Nokia X bisa jadi mirip dengan strategi yang dilakukan Amazon dengan Kindle. Nokia mengambil elemen open-source Android dan membawanya pada layanan sendiri. Seperti tetap mempertahankan antarmuka Windows.

Sayangnya, meski menggendong platform Android, Nokia tidak memberikan akses bagi pengguna untuk aplikasi buatan Google lainnya, seperti Gmail, Chrome, Maps dan lainnya.

Namun Nokia memastikan aplikasi Andorid tetap berjalan di keluarga X. Untuk keluarga X, Nokia telah menyiapkan ratusan aplikasi di toko aplikasi sendiri. Dan akan mengintegrasikan Nokia X dengan Nokia Store sebagai pilihan lain untuk mengunduh beragam aplikasi.

Ketiga seri Nokia dibekali dengan kapasitas internal sebesar 4GB dengan RAM 512MB yang bisa ditambah dengan memori tambahan. Dengan tiga tombol capacitive.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement