REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Acara tahunan Anime Festival Asia (AFA) sukses digelar pekan lalu di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Turut hadir dalam kegiatan tersebut perusahaan musik, hiburan dan teknologi dari Jepang, Sony Music Entertainment Japan.
Dalam keikutsertaanya pertama kalinya itu, Sony Music Entertainment Japan memperkenalkan serangkaian produk teknologi interaktif teranyar yang berkaitan dengan musik, permainan dan edukasi.
Sony Music Entertainment Japan Chief Producer, Masako Masuda mengatakan, ada enam produk yang diperkenalkan yaitu anywhereVR yang merupakan bagian dari ekosistem PSVR, Volly, Nawatobi Jumper, Daifuku-kun, Shinkukan Dolls, Mitene dan Tama.
"Kami membawa rangkaian teknologi kami untuk diperkenalkan di Indonesia. Semua produk ini adalah komitmen Sony Music Entertainment Jepang untuk memberikan pengalaman hiburan terbaik bagi konsumen," ujar Masako Masuda beberapa waktu lalu.
Salah satu produk teknologi yang diperkenalkan adalah AnywhereVR. Pertama kali diluncurkan di konferensi pers Play Station tahun lalu, anywhereVR mengadopsi konsep Okini no shop & koto Itsumono yang bisa diartikan sebagai ruang bersantai virtual dimana Anda masih bisa terhubung dengan smartphone.
"anywhereVR akan membawa pengguna ke tempat favorit Anda seperti di tengah taman bunga atau di bawah langit yang dipenuhi bintang dalam sekejap," kata Masako Masuda.
Sementara, Merchandising & Event Produce Company, Kenta Matsuo, mengatakan, anywhereVR akan memproyeksikan gambar VR 360 derajat serta musik pilihan Anda. Dengan memunculkan smart device yang sudah diinstall aplikasi khusus gambar tersebut, produk ini dapat membuat sensasi baru dimana pengguna akan diteleportasi ke tempat pilihannya dan tetap terhubung ke dunia luar.
"Jadi pengguna tidak perlu repot melepas perangkat VR Anda ketika ada panggilan masuk atau notifikasi lainnya, "jelas
Sejauh ini, ada 20 pilihan yang tersedia untuk diunduh dan masing-masing dikenai biaya 2000JYP atau setara dengan Rp 200.000.
"Kami masih dalam tahap awal pengembangan dan kami pasti ingin menambahkan lebih banyak pilihan ke aplikasi ini. Kami berencana untuk membawa orang-orang ke tempat yang sulit dijangkau. Indonesia dikenal memiliki banyak tempat yang indah dan kami ingin memasukkannya Indonesia ke dalam aplikasi ini," kata dia.
Fungsi lain dari produk ini adalah dengan menampilkan twitter timeline dan mini games. Produk ini juga bisa dikalibrasi dengan PlayStation®4 dan menampilkan gambar di layar tv. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play namun saat ini hanya dapat dioperasikan di Sony Experia. Namun, di masa depan, Sony berencana untuk mengembangkan aplikasi ini untuk bisa diakses oleh perangkat manapun.
Selain anywhereVR, dalam kesempatan tersebut Sony Music Entertainment Japan juga menghadirkan produk lainnya. Yakni Volly, Nawatobi Jumper, Daifuku-kun, Shinkukan Dolls serta Tama dan Mitene,
"Produk-produk yang kami bawa, kami anggap sejalan dengan visi dan misi AFA.Kami berusaha menghadirkan inovasi terbaik kami. Selain itu, kami juga ingin melihat bagaimana reaksi masyarakat Indonesia terhadap produk kami," kata Masako Masuda.