Senin 24 Oct 2011 16:48 WIB

Tim Swastika Kembali Bobol 10 Ribu Akun Facebook

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Trend Micro mengungkap edikitnya 10 ribu akun facebook telah di hacked dan dipublikasikan tanpa seijin pemiliknya. Puluhan ribu akun Facebook tersebut di-posting ke dalam layanan berbagi file di Pastebin.

Pembajakan akun Facebook tersebut dilakukan oleh sekelompok grup hacking  yang diberi nama "Tim Swastika". Apa yang dilakukan oleh Tim Swastika bukan kali ini saja, beberapa waktu lalu mereka juga mempublikasikan database yang dicuri dari website Kedutaan Besar India di Nepal dan pemerintahan Bhutan, melalui serangkaian serangan terhadap SQL.

Rik Ferguson, Peneliti Keamanan Senior dari Trend Micro,mengatakan: Tim Swastika telah melakukan 2 kali posting terhadap ribuan credential data Facebook yang mereka hacked. Postingan pertama di awal Oktober lalu mereka masukkan ke dalam beberapa forum underground, sisanya ke dalam layanan berbagi file, Pastebin." (terlampir gambar yang menunjukkan sederetan data Facebook yang di-hacked dan dipublikasikan)

"Sementara smartphone dan jaringan sosial menjadi sangat populer, di mana pengguna seharusnya menyadari karena penggunaan media tersebut, kini mereka menjadi target ancaman akan serangan," ujar Myla Pilao, Director, Core Technology di TrendLabs dari Trend Micro.

Ia menambahkan bahwa sebuah posting-an di wall dari seorang teman tampaknya tidak berbahaya, video share dari kontak online, atau pesan instan dari rekan, dapat berpotensi menyebabkan serangan. Ancaman di dalamnya termasuk worm dan spyware yang menyerang pengguna yang mendeteksi lokasi dan aktivitas pengguna selama berselancar di web. '' Dalam enam bulan terakhir, kami telah mengobservasi bahwa pertumbuhan malware yang menyerang ponsel berbasis Android telah meningkat 14 kalinya,'' katanya kemudian.

Berkaitan dengan hacked terhadap ribuan akun Facebook ini, Ferguson memberikan beberapa saran:

* Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun social media yang Anda miliki

* Buatlah password yang unik tapi mudah diingat. Misalnya gabungan antara huruf dan angka

* Buatlah jawaban yang unik terhadap' pertanyaan keamanan' untuk mengingatkan jika sewaktu-waktu Facebook Anda dicurigai dibuka oleh orang lain

* Lakukanlah sign out ketika selesai membuka laman, terutama saat Anda mengakses social media dari area Wifi

* Hati-hati meng-klik link dari postingan di wall atau tweet yang pengirimnya tidak Anda kenal

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement