REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT. Datacomm Diangraha (Datacomm), meluncurkan unit bisnis barunya yaitu Datacomm Cloud Business (DCB) yang fokus memberikan layanan cloud computing.
President Director Datacomm, Tan Wie Tjin mengungkapkan masuknya Datacom ke bisnis Cloud tak lepas dari potensi pasar sektor ini. Mengutip data Asia cloud computing association, Tjin mengungkapkan bahwa Cloud computing oleh banyak pihak telah diidentifikasi sebagai wilayah pertumbuhan kunci dengan total nilai pasarnya diperkirakan lebih dari Rp 12,1 triliun sampai tahun 2017
Di sisi lain, Indonesia memiliki sekitar 75 juta pengguna internet, 250 juta lebih pengguna perangkat mobile. '' Indonesia nomor 4 di dunia untuk jumlah pengguna social media, serta memiliki tingkat adopsi teknologi-informasi yang tinggi di kalangan generasi mudanya,'' papar Tjin.
Cloud computing sediri sangat dibutuhkan, karena teknologi cloud computing memberikan peluang bagi pebisnis melakukan investasi teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi, daya saing, dan diferensiasi untuk memperluas pasar mereka."