REPUBLIKA.CO.ID,PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) untuk pemasaran produk bersama guna mempercepat pertumbuhan bisnis ke dua perusahaan itu.
Kerja sama antara induk dengan anak perusahaan itu ditujukan untuk memudahkan perusahaan memenuhi kebutuhan pelanggan korporasi baik untuk solusi selular "fixed" maupun "mobile".
Pemasaran produk bersama itu mencakup sejumlah produk Telkomsel seperti Kartu Halo untuk korporasi, mobile VPN, Telkomselflash, Blackberry, dan paket "bulk data." Sedangkan produk Telkom yang dipasarkan bersama antara lain Astinet, Dinaaccess, VPN IPN SpeedyN Ventus, Metro EthernetN dan "Fixed Wire Line."
"Dengan sinergi tersebut memungkinkan pelanggan korporasi untuk mendapatkan harga 'fixed' dan mobile secara menarik dengan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan korporasi terkait dengan lebih personal," kata Vice President Komunikasi Pemasaran dan Publlik Telkom, Eddy Kurnia.
Ia mengatakan, kerja sama tersebut sejalan dengan transformasi Telkom yang semakin fokus dalam memberikan layanan telekomunikasi, informasi, multimedia dan "edutainment," untuk mendukung pertumbuhan bisnis pelanggan korporasi.
Telkom juga meluncurkan "Cloud Computing" hasil sinergi dengan Microsoft, untuk pelanggan korporasi. Melalui produk itu pelanggan korporasi menyewa layanan informasi, komunikasi dan telekomunikasi (ICT) tanpa harus berinvestasi di sektor tersebut.