Jumat 12 Aug 2011 13:04 WIB

AXA Mandiri Genjot Kontribusi Syariah 15 Persen

Red: Didi Purwadi
AXA Mandiri
Foto: www.jobscdc.com
AXA Mandiri

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – PT AXA Mandiri Financial Services menargetkan peningkatan kontribusi bisnis syariah hingga 15 persen di akhir 2011 nanti. Menurut Chief Financial Officer AXA Mandiri, Iwan Pansila, unit syariah telah berkontribusi sekitar 13 persen dari keseluruhan premi yang didapat anak usaha PT Bank Mandiri ini sebesar Rp 2,4 triliun.

“Sampai Juni 2011 ini, premi unit syariah tumbuh 37 persen atau menjadi Rp 196 miliar,” katanya. Di posisi Juni 2010 lalu, AXA Mandiri mencatat bisnis syariah sebesar Rp 143 miliar.

Iwan menjelaskan peningkatan ini seiring dengan meningkatnya dana kelolaan hingga Rp 600 miliar. Keseluruhan dana diperoleh dari produk asuransi jiwa unit link (investasi) dengan komposisi penyaluran ke time deposit syariah sebesar 45 persen dan sukuk sebesar 65 persen.

Ia mengaku optimistis target 15 persen ini bakal dicapai. “Untuk sekarang, tinggal dua persen lagi dan belum ada evaluasi,” jelasnya.

Startegi bisnis yang sekarang telah dilakukan bakal dimaksimalkan. AXA Mandiri juga akan mengoptimalisasikan modal minimum yang telah diatur regulator Badan Pengawas Pasar Modal dan Lemabag Keuangan (Bapepam-LK) sebesar Rp 25 miliar.

“Dibanding pemisahan, penguatan unit melalui modal kita pikir merupakan langkah tepat untuk kemajuan bisnis syariah,” jelasnya. Menurutnya, ini membuat unit syariah berkembang lebih baik dan mampu mengeluarkan inovasi produk baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement