Senin 05 Mar 2012 22:44 WIB

Sehari, Tiga Gempa 5,5 SR Guncang Tanah Air

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Hafidz Muftisany
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.keyt.com
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sehari ini, Senin (5/3) gempa dengan magnitude 5,5 SR terjadi tiga kali. Gempa mengguncang tenggara Seluma Bengkulu, tenggara Kabupaten Aceh Tengah, dan tenggara Pulau Morotai Maluku Utara.

Seperti dilaporkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, pada pagi hari terjadi gempa magnitude 5.5 SR pada pukul 06:17 WIB. Lokasi gempa: 4.43 LS,102.57 BT (46 km Tenggara Seluma-Bengkulu) dan kedalaman 15 kilometer.

Gempa kedua 5,5 SR terjadi pada siang pukul 13.55 WIB. Pusat Gempa: 4.19 LU-97.10 BT (31 km tenggara Kabupaten Aceh Tengah) dengan kedalaman 10 km. Sedangkan gempa ketiga terjadi pada pukul 15.12 WIB. Pusat gempa: 1.93 LU-128.59 BT (49 kilometer tenggara Pulau Morotai-Malut) dengan kedalaman 10 kilometer.

Posko BNPB telah mengkonfirmasi kepada BPBD dan instansi di daerah terkait dampak yang ditimbulkannya. Secara umum gempa dirasakan lemah oleh masyarakat setempat.

Di Bengkulu, intensitas gempa dirasakan III MMI (lemah) di Kepahiyang. Di aceh gempa dirasakan II-III MMI di Banda Aceh, Meulaboh dan Lhokseumawe.

Sedangkan Kabupaten Morotai Maluku Utara masyarakat merasakan guncangan lemah II-III MMI. "Seluruhnya gempa tidak berpotensi tsunami. Aktivitas masyarakat berjalan normal," kata Sutopo.

Terkait dengan gempa tersebut, masyarakat dihimbau untuk terus menerus kewaspadaannya. "Gempabumi bersifat tiba-tiba dan tidak memberikan tanda-tanda akan terjadinya gempabumi," katanya.

Tatanan geologi wilayah Indonesia yang kompleks menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki bahaya gempa sangat tinggi. Untuk itu kesiapsiagaan adalah keniscayaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement