Senin 03 Dec 2012 18:02 WIB

Ini Dia, Lima Mobil Unggulan di Los Angeles Auto Show 2012

Red: Taufik Rachman
Mercedes Benz SL 350
Mercedes Benz SL 350

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pameran otomotif Los Angeles 2012 tidak sekadar memamerkan mobil-mobil baru yang siap dipasarkan di Amerika Utara, tapi juga deretan kendaraan konsep ramah lingkungan dari produsen-produsen seluruh dunia.

Lima mobil konsep, seperti dilansir Autocar, di LA Auto Show 2012 yang berlangsung hingga 9 Desember adalah:

1. Mercedes-Benz Ener-G-Force. Mobil berwarna perak alumunium dihias garis-garis kuning dan tampak sebagai mobil lintas segala medan itu disebut Kepala Desain Mercedes Gorden Wagener sebagai "pionir generasi G-Class."

"(Mobil) itu dapat juga menjadi tanda mengenai permulaan baru desain mobil 'off-road' dari Mercedes," kata Wagener tentang mobil listrik 4WD itu.

Namun, pabrikan mobil asal Jerman itu belum membeberkan detail spesifikasi mobil dengan tujuh tempat duduk yang digadang sebagai pesaing Range Rover itu.

2. Smart ForJeremy. Pabrikan Mercedes juga menampilkan kreasi terbarunya untuk jajaran mobil listrik Smart Fortwo yang melibatkan desainer Jeremy Scott.

Mobil berwarna putih itu menampilkan eksterior tambahan berupa sayap bergaris merah di sisi kanan dan kiri pintu bagasi. Sedangkan, warna putih bercampur garis metalik mendominasi bagian interior mulai dari dashboard hingga kursi.

Namun, modifikasi itu tidak mengubah mesin listrik 55 kilowatt yang mampu menempuh jarak 90 mil.

3. BMW i3 Coupé. Di sisi lain mobil Jerman, BMW mengusung mobil konsep bermotor listrik dengan tiga pintu.

Mobil berlapis bahan serat karbon jingga-hitam itu lebih panjang 119 milimeter, lebih sempit 243 milimeter, dan lebih pendek 18 milimeter dari versi i3 lima pintu.

BMW i3 Coupé menggunakan mesin bertenaga 170 bhp, 184 lb ft dengan letak baterai di bawah lantai mobil.

4. Hyundai Veloster C3 Roll Top. Mobil bermesin tubro 1,6 liter dengan bahan bakar bensin itu menggunakan bahan kain untuk atap hingga bagasi.

Selain kain gorden pada atap, mobil bertenaga 184bhp dan 195lb ft itu menggunakan potongan "skateboard" pada lantainya.

Penampilan unik eksterior mobil berwarna putih itu terinspirasi para penggemar sepeda fixie yang gemar modifikasi.

5. Bentley GT3 Racer. Meskipun tidak dapat disebut mobil konsep murni, Bentley merupakan salah satu mobil balap yang ditunggu pada 2012.

GT3 Racer diadaptasi dari Bentley Continental yang mengusung mesin W12 6,0 liter bertenaga 700bhp.

"Salah satu alasan utama proyek (mobil balap) ini adalah untuk memberikan gambaran kepada para teknisi kami tentang proses cepat dalam membuat dan memacu mobil," kata Kepala Teknisi Bentley, Rolf Frech.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement