Polres Bandung Periksa Kelaikan Angkutan Umum di Pintu Tol Cileunyi

Red: Hazliansyah

Senin 05 Aug 2013 06:48 WIB

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan di persimpangan tol Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/8). Foto: Republika/Prayogi Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan di persimpangan tol Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Polres Bandung dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung melakukan pengecekan kondisi kelaikan kendaraan angkutan umum, terutama bus yang digelar di kawasan Cileunyi.

"Dalam dua hari terakhir ada beberapa kejadian kecelakaan yang diduga akibat kendala rem. Oleh karena itu kami melakukan pengecekan kondisi kendaraan terutama rem," kata Kapolres Bandung AKBP Kemas A Yamin di Bandung, Senin.

Pelaksanaan pengecekan kondisi kendaraan umum itu dilakukan di Cileunyi, tepatnya di pintu keluar dari Pintu Tol Cileunyi yang dilakukan secara acak, khususnya untuk kendaraan umum yang kondisinya perlu diantisipasi.

Pengecekan di kawasan itu juga sebagai adaptasi bagi awak bus, dimana setelah mengemudi jalur lurus di tol ke jalur berkelok dan terdapat beberapa turunan dan tanjakan tajam di kawasan Priangan.

"Masyarakat dan penumpang juga harus respon, bila di perjalanan ada hal yang kurang nyaman dengan kendaraan segera informasikan kepada awak bus, awak bus juga jangan memaksakan mengoperasikan kendaraan yang kondisinya kurang prima," kata Kemas A Yamin.

Pada kesempatan itu Kapolres juga meminta pemudik juga untuk menjaga kondisi saat mengemudi di jalan raya. Ia menganjurkan bagi pemudik yang lelah untuk memanfaatkan rest area yang disiapkan di sepanjang jalur mudik.

"Jangan paksakan mengemudi saat kondisi lelah dan mengantuk, manfaatkan tempat peristirahatan yang tersediri di sejumlah titik di jalur mudik," kara Kapolres Bandung itu menambahkan.