Rabu 21 Dec 2016 21:11 WIB

Pemkot Bogor Lestarikan Permainan Tradisional

Rep: Santi Sopia/ Red: Karta Raharja Ucu
Egrang
Foto: Antara
Egrang

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Setdakot Bogor Erna Hernawati mengatakan, di era globalisasi sekarang ini banyak anak-anak dan pelajar sudah terbawa arus perkembangan zaman yang serba teknologi. Sehingga, budaya yang menjadi peninggalan nenek moyang dulu, kini mulai luntur dan ditinggalkan oleh sebagian anak di Indonesia, khususnya di Kota Bogor.

Karena itu, Pemerintah Kota Bogor melalui Disbudparekraf berupaya menghidupkan kembali jenis permainan atau kaulinan urang lembur kepada para pelajar yang ada di Kota Bogor. Tujuannya, agar mereka selalu ingat terhadap permainan yang dulu selalu dimainkan orang tuanya semasa masih kecil. Pemkot Bogor menggelar Festival Kaulinan Urang Lembur yang merangkul sedikitnya 15 SMP se-Kota Bogor, awal pekan ini.

"Permainan tradisonal, seperti egrang, kelom batok, bedil jepret dan lain-lain, mengingatkan saya waktu kecil. Karena, permainan tersebut selalu dilakukan bersama teman-teman di kampung halaman. Tak hanya itu, permainan ini pun mengajarkan kita untuk menumbuhkan rasa gotong royong dan meningkatkan kebersamaan," kata Erna, awal pekan ini.

Erna berharap, melalui kegiatan ini anak-anak tidak hanya mengenal kaulinan urang lembur tetapi bisa memainkan dan melestarikannya sehingga semakin dikenal luas masyarakat, terutama anak-anak generasi muda. Demikian pula pada pelaksanaannya mudah-mudahan kualitas semakin meningkat dan jumlah pesertanya terus bertambah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement