Kamis 03 May 2018 04:15 WIB

Leonardo Di Caprio Jadi Nama Kumbang Jenis Baru

Kumbang ini termasuk di antara tiga spesies baru.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Leonardo DiCaprio
Foto: Reuters
Leonardo DiCaprio

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ilmuwan telah memutuskan menamai kumbang air jenis baru dengan nama aktor Leonardo Di Caprio. Bintang Titanic itu diberi kehormatan sebagai nama serangga yang ditemukan di Maliau Basindi, Malaysia.

Dengan nama ilmiah Grouvellinus leonardodicaprioi, kumbang ini termasuk di antara tiga spesies baru. Penemuan kumbang itu terjadi ketika dilakukan perjalanan lapangan yang dijalankan oleh Expeditions Taxon, sebuah kelompok yang berbasis di Belanda.

Kelompok lapangan itu melakukan ekspedisi ke daerah-daerah terpencil untuk orang yang tertarik pada alam dan sains. Perjalanan itu membantu mereka membuat penemuan ilmiah.

photo
Kumbang jenis baru Grouvellinus leonardodicaprioi. (Foto: Taxon Expeditions, Hendrik Freitag)

Pengumuman penamanan kumbang baru itu muncul di jurnal Zoo Keys. Inisiatif tersebut muncul karena fokus aktor peraih Oscar tersebut terhadap lingkungan. Pengumuman itu pun bertepatan dengan peringatan 20 tahun peluncuran yayasan lingkungan hidup Leonardo Di Caprio Foundation.

Kumbang Grouvellinus leonardodicaprioi bergabung dengan serangga lain yang telah dinamai dari nama orang-orang terkenal. Beberapa tokoh tersebut seperti ngengat Donald Trump yang berambut pirang dan lalat Arnold Schwarzenegger bersayap besar. Kate Winslet yang membintangi Titanic bersama Di Caprio pun sudah memiliki seekor kumbang.

"Kecil dan hitam, kumbang baru ini mungkin tidak memenangkan Oscar untuk karismanya, namun dalam konservasi keanekaragaman hayati, setiap makhluk berharga," kata pendiri dan ahli entomologi Taxon Expeditions Iva Njunjic, dikutip dari USA Today, Rabu (2/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement