Senin 23 Dec 2019 19:00 WIB

Tanjungpinang Helat Festival Gerhana Matahari Cincin

Festival Gerhana Matahari Cincin dilangsungkan di Gedung Gonggong, Tanjungpinang.

Red: Reiny Dwinanda
Gerhana Matahari Cincin. Festival Gerhana Matahari Cincin dilangsungkan di Gedung Gonggong, Tanjungpinang pada 23-26 Desember.
Foto: TheAge
Gerhana Matahari Cincin. Festival Gerhana Matahari Cincin dilangsungkan di Gedung Gonggong, Tanjungpinang pada 23-26 Desember.

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Dinas Periwisata Provinsi Kepulauan Riau menyatakan, Tanjungpinang menyelenggakan Festival Gerhana Matahari Cincin di Gedung Gonggong untuk menyambut gerhana matahari cincin. Festival akan berlangsung pada 23-26 Desember 2019.

"Kami sudah siap menyambut hadirnya fenomena alam gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019," kata Kepala Dispar Kepri Buralimar di Tanjungpinang, Senin.

Baca Juga

Buralimar mengatakan, Tanjungpinang sudah menyiapkan sejumlah kebutuhan untuk menyambut fenomena alam yang langka tersebut. Berbagai kegiatan pun disiapkan untuk memeriahkan rangkaian festival, salah satunya seminar ilmiah tentang gerhana matahari cincin.

Festival juga akan diisi dengan pameran dan bazar, juga agenda live music Rangkaian kegiatan ini akan dilangsungkan di Pelataran Gedung Gonggong.

"Puncak acara akan digelar 26 Desember dengan kegiatan yang sangat beragam. Seperti pembacaan ayat suci Alquran, tari persembahan, live music, dan live mural, lomba mewarnai, juga tentunya sahlat Gerhana," papar Buralimar.

Sementara itu, Asisten Deputi Pemasaran I Regional I Kemenparekraf Dessy Ruhati menyatakan jika wisatawan dijamin puas menyaksikan Gerhana Matahari Cincin. Berbagai teleskop pun akan dipasang. Beberapa di antaranya bisa dimanfaatkan wisatawan untuk melihat fenomena langit tersebut.

Di Taman Gedung Gonggong, Pemerintah Daerah Tanjungpinang akan memasang teleskop streaming dan fotografi, teleskop vixen 20 cm untuk publik, dan teleskop WO 6,6 cm untuk publik. Poster dan juga kacamata matahari juga disiapkan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani, tidak ragu mengajak wisatawan untuk menikmati momen langka ini di Tanjungpinang. Ia menyatakan bahwa Indonesia sangat beruntung sebab beberapa daerah bisa melihat fenomena ini.

"Salah satu spot terbaik untuk menikmatinya ada di Tanjungpinang karena pemerintah daerah di sana sudah siap dengan segala fasilitasnya. Kami berharap cuaca juga mendukung, sehingga kita bisa menikmatinya dengan maksimal," papar Rizki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement