Kamis 02 Apr 2020 17:42 WIB

Pasien Sembuh dari Covid-19 Jadi Motivasi Bagi yang Lain

Ini harus jadi semangat dan motivasi bahwa virus ini bisa sembuh.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman
Foto: Republika/Bayu Adji P
Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman

REPUBLIKA.CO.ID,  TASIKMALAYA -- Kabar sembuhnya satu pasien positif korona atau corona virus disease 2019 (Covid-19) di Kota Tasikmalaya disambut gembira oleh semua pihak. Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan, sembuhnya pasien positif Covid-19 harus jadi motivasi bagi yang lain. "Alhamdulillah satu orang sudah sembuh dan insya Allah akan segera keluar (rumah sakit). Ini harus jadi semangat dan motivasi bahwa virus ini bisa sembuh," kata dia, Kamis (2/4).

Budi berharap, kabar sembuhnya satu pasien positif itu akan membuat pasien lainnya yakin, bahwa virus corona dapat diobati. Ia juga berdoa agar semua pasien lain dapat sehat kembali.

Baca Juga

Ia mengatakan, dalam menangani wabah korona masyarakat harus memiliki kesadaran untuk mengikuti anjuran pemerintah. Sebab, anjuran itu dibuat agar tak terlalu banyak orang terpapar virus corona. Sebab, jika banyak orang yang terpapar, kesiapan medis yang ada tak akan bisa menanggulangi.

Menurut dia, kondisi ketika pasien banyak dan tenaga medis minim, adalah sesuatu yang bahaya. Sebab, akan banyak pasien yang tak mendapat pelayanan medis dengan maksimal. "Makanya masyarakat harus selalu di rumah agar tidak terlalu banyak pasien yang harus dirawat petugas medis," kata dia.

Ia mengingatkan, penanganan Covid-19 tak akan maksimal jika hanya mengandalkan pemerintah. Yang paling penting, lanjut dia, adalah kesadaran warga untuk tidak keluar rumah, menjauhi kerumunan, jaga jarak, dan menggunakan alat pelindung diri berupa masker jika terpaksa keluar rumah.

Budi mengatakan, imbauan pemerintah tak akan berdampak jika warga tak memiliki kesadaran. "Percuma pemerintah koar-koar, memantau perbatasan, kalau kesadaran warga tidak ada. Kalau 30 hari kita menahan diri, kita pasti bisa melewati wabah ini dengan cepat," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, dari lima pasien positif, satu orang sudah dinyatakan sembuh, dan dua pasien kondisinya membaik. Diperkirakan, besok atau lusa pasien yang sembuh dapat segera kembali ke rumah. "Insya Allah sembuh sudah ada hasil swab. Yang dua tinggal tunggu hasil swab," kata dia, Rabu (1/4).

Ia menambahkan, kondisi dua pasien yang membaik sudah bisa beraktivitas normal meski masih dirawat di ruang isolasi. Dua pasien yang membaik sudah tidak lagi diinfus.

Menurut dia, petugas medis akan segera melakukan tes laboratorium dan swab untuk memastikan kondisi dua pasien yang membaik. Jika telah dipastikan negatif, dua pasien itu akan diperkenankan pulang ke rumahnya masing-masing.

Uus mengatakan, saat ini masyarakat juga harus membangun optimisme di tengah wabah Covid-19. "Ternyata ini (Covid-19) bisa diobati, bisa kita tangani hingga sembuh. Kita harus bangun optimisme itu," kata dia.

Dengan perkembangan itu, saat ini jumlah kasus pasien positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya tercatat sebanyak enam kasus. Satu pasien telah meninggal dunia, satu sudah dinyatakan sembuh, dua pasien kondisinya membaik, dan sisanya masih menjalani perawatan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement