Rabu 15 Apr 2020 06:09 WIB

WFH, Latihan Yoga di Instagram Pikat Warganet

Instruktur yoga Tio Rosaline Simanjuntak lihat warganet minati latihan via Instagram.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Instruktur yoga Tio Rosaline Simanjuntak memberi pelatihan yoga dan meditasi daring di Instagram.
Foto: Instagram
Instruktur yoga Tio Rosaline Simanjuntak memberi pelatihan yoga dan meditasi daring di Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anjuran karantina mandiri bisa membuat orang jenuh dan bosan berada di rumah terus-menerus. Kondisi itu menantang sejumlah orang dengan kegemarannya masing-masing membantu orang lain membunuh rasa bosan.

Instruktur yoga Tio Rosaline Simanjuntak memberi pelatihan yoga dan meditasi daring di Instagram live. Sudah empat pekan pemilik Blesyoga Studio itu memberikan pelatihan yoga di Instagram.

Baca Juga

“Waktu itu, per 15 Maret sudah mulai diberlakukan WFH (work from home), jadi saya berpikir, saya mau melakukan sesuatu untuk negara,” kata Tio dalam pesan singkat di Instagram, Senin (13/4).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

🙏 . Untuk teman-teman yang saat ini bekerja dari rumah, ini saya berikan gerakan sederhana agar teman-teman bisa ikuti dan membantu meregangkan otot-otot pada tubuh. . Latihan sederhana ini jika dilakukan dengan rutin dapat membantu merileksasikan tubuh dan melancarkan aliran darah pada tubuh. . video lengkap Ada di YouTube "Blesyoga Journal" . Selamat berlatih. . Namaste 🙏 . . . . #dirumahaja #latihanyoga #basicyoga #yogadirumah #karantina #covidgoaway

A post shared by Tio Rosaline Simanjuntak ॐ (@tiorosalines) on

Saat itu, Tio memprediksi akan banyak orang yang tidak betah dan bosan berada di rumah. Padahal, anjuran berada di rumah merupakan kunci utama meminimalisasi penyebaran virus corona baru (Covid-19).

“Jadi supaya betah di rumah, saya buatlah yoga online (daring),” ujar dia.

Tio berharap, orang-orang memiliki kegiatan positif selama di rumah. Selama empat pekan, ia pun membagikan kelas basic yoga khusus pemula, gerakan tubuh untuk orang tua lanjut usia, yoga khusus untuk yang sudah reguler, meditasi, dan kelas yoga untuk tidur nyenyak.

Tio mengatakan, tak sulit memulai berlatih yoga. Seorang pemula bisa memulai dengan berlatih posisi duduk, yakni twisting, side bending, butterfly pose. Banyak sekali gerakan yoga yang bisa dipelajari pemula.

Tio tak hanya memberi contoh gerakan saja, tetapi dia menjelaskan posisi yang seharusnya dari suatu gerakan serta manfaatnya bagi tubuh. Tio selalu membagikan jadwal kelas yoga dan meditasi melalui Instagram story.

Tio sangat salut dengan orang-orang yang mengikuti kelas yoga daringnya. Ia menyebut, banyak dari warganet yang belum pernah berlatih yoga sama sekali.

“Mungkin karena mereka selama ini pikir yoga itu kemayu dan olahraga wanita yang tidak buat keringat, tapi ternyata sangat membakar keringat,” kata Tio.

Menurut Tio, banyak murid daring yang akhirnya jatuh cinta dengan yoga. Melalui yoga, Tio ingin mengajak orang-orang memberi waktu sejenak untuk berolah tubuh.

Sementara melalui meditasi, Tio mengatakan orang-orang dapat belajar mengontrol emosi, sehingga dapat menjalani kehidupan yang harmonis. Keuntungan lainnya, yoga menjaga kebugaran tubuh, di mana diam di rumah membuat orang makan terus.

“Saya mendapat pesan masuk dari Indonesia dan luar Indonesia, bagaimana yoga dan meditasi daring ini membantu mereka dalam menjalani kehidupan selama di rumah,” ujar Tio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement