Ahad 01 May 2022 13:10 WIB

Doa Berbuka Puasa dan Artinya

Doa Berbuka Puasa dan Artinya.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Hafil
Doa Berbuka Puasa dan Artinya. Foto: Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Doa Berbuka Puasa dan Artinya. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Rasulullah SAW telah mencontohkan kepada umatnya tentang adab ketika berbuka puasa. Salah satunya adalah membaca doa.

Ketika berbuka itu, riwayat yang shahih menyebutkan bahwa Nabi SAW membaca doa ini:

Baca Juga

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ الله

Dzahaba azh-zhama'u wa ibtallatil-'uruqu wa tsabatal-ajru in sya'allahu ta'ala/ Dahaga telah pergi, urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan, insya Allah.” (HR Abu Abu Dawud, Kitab ash-Shaum).

Sementara dalam riwayat yang mursal, Rasulullah SAW membaca doa ini:  

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

“Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu/ Ya Allah, aku berpuasa hanya untuk-Mu dan aku berbuka dengan rezeki-Mu. (Diriwayatkan oleh Abu Dawud di dalam Sunan Abu Dawud).

Sumber: Buku Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan: Panduan Lengkap Menyambut Bulan Suci Ramadhan / Abu Maryam Kautsar Amru

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَفَمَنْ هُوَ قَاۤىِٕمٌ عَلٰى كُلِّ نَفْسٍۢ بِمَا كَسَبَتْۚ وَجَعَلُوْا لِلّٰهِ شُرَكَاۤءَ ۗ قُلْ سَمُّوْهُمْۗ اَمْ تُنَبِّـُٔوْنَهٗ بِمَا لَا يَعْلَمُ فِى الْاَرْضِ اَمْ بِظَاهِرٍ مِّنَ الْقَوْلِ ۗبَلْ زُيِّنَ لِلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مَكْرُهُمْ وَصُدُّوْا عَنِ السَّبِيْلِ ۗوَمَنْ يُّضْلِلِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ هَادٍ
Maka apakah Tuhan yang menjaga setiap jiwa terhadap apa yang diperbuatnya (sama dengan yang lain)? Mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah. Katakanlah, “Sebutkanlah sifat-sifat mereka itu.” Atau apakah kamu hendak memberitahukan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya di bumi, atau (mengatakan tentang hal itu) sekedar perkataan pada lahirnya saja. Sebenarnya bagi orang kafir, tipu daya mereka itu dijadikan terasa indah, dan mereka dihalangi dari jalan (yang benar). Dan barangsiapa disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun yang memberi petunjuk baginya.

(QS. Ar-Ra'd ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement