Senin 31 Aug 2020 15:20 WIB

Usai Hagia Sophia Lalu Kariye, Ada Apa dengan Turki Erdogan?

Turki di bawah Erdogan mempunyai ambisi alihfungsikan museum jadi masjid.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Museum Kariye di Istanbul. Bangunan ini awalanya dalah gereja Kristen Ortodoks yang setelah 50 tahun penalukan Byzantium oleh Turki diubah menjadi masjid,
Foto: google.com
Museum Kariye di Istanbul. Bangunan ini awalanya dalah gereja Kristen Ortodoks yang setelah 50 tahun penalukan Byzantium oleh Turki diubah menjadi masjid,

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL—Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan telah menandatangani dekrit pengalihan pengelolaan Museum Kariye, salah satu monumen Bizantium paling terkenal di Istanbul, sebagai masjid. Penandatanganan ini dilakukan di Direktorat Urusan Agama pada Jumat (28/8) lalu. 

Sebagai bangunan bekas gereja biara Bizantium, museum Kariye memiliki banyak lukisan dinding dan mosaik yang indah dan kudus. Mahakarya penyair Theodore Metochites ini bahkan diklaim sebagai pencapaian artistik paling canggih yang dihasilkan Bizantium dan Mediterania. 

Baca Juga

Keputusan pengalihfungsian Museum Kariye ini hanya berjarak sebulan setelah pengubahan status Museum Hagia Sophia menjadi masjid. Pada November 2019, pengadilan administratif tertinggi Turki telah memutuskan bahwa keputusan Dewan Menteri pada Agustus 1945 untuk menutup Hagia Sophia sebagai masjid dan menjadikannya museum sebagai tindakan "melanggar hukum".  

Putusan ini pada akhirnya membuka jalan bagi keputusan pengadilan yang lebih penting pada 10 Juli 2020, yang membatalkan keputusan kabinet yang bertanggung jawab untuk mengubah Masjid Agung Hagia Sophia menjadi museum pada November 1934.

Holger A Klein, seorang Profesor Sejarah Seni Abad Pertengahan Lisa dan Bernard Selz beranggapan, upaya Erdogan untuk memutar balik waktu dengan mengubah museum era Ataturk menjadi masjid dianggap sebagai instrumen tumpul untuk mencetak poin dengan basis politiknya. 

“Ketika komisi Turki ditugasi dengan penunjukan Hagia Sophia sebagai museum pada 1930-an, difungsikan untuk menekankan nilai budaya dan artistik universal bangunan abad keenam sebagai "karya arsitektur" atas status agama dan politiknya,” ujar Klein yang dikutip di The Art Newspaper, Senin (31/8). 

Direktur Pusat Studi Turki Sakıp Sabancı di Universitas Columbia, New York ini juga menduga, upaya Erdogan untuk menetralkan  situs keagamaan yang diperebutkan dan menjadikannya warisan budaya milik bersama, tampaknya tidak lagi dihargai atau menguntungkan secara politis. 

 

Sebaliknya, upaya presiden untuk memutar kembali jam sejarah dengan mengubah museum era Ataturk menjadi masjid, adalah instrumen tumpul untuk mencetak poin dengan basis politiknya, dan dianggap sebagai tindakan pamer untuk menunjukkan superioritas agama dan dominasi budaya, kata Klein. 

“Meskipun tindakan Erdogan mungkin akan memberinya status gazi (pejuang religius) di mata para pendukungnya yang paling bersemangat, kerusakan reputasi Turki di dunia sangatlah signifikan,” ujarnya. 

“Di Amerika Serikat, peringatan tentang keprihatinan yang dikemukakan Thomas Whittemore, arkeolog Boston, pekerja bantuan, dan kemudian pendiri Institut Bizantium Amerika, selalu diingatkan, sehingga masyarakat sangat menyadari kekuatan destruktif dari konflik agama selama Perang Balkan, ketika masjid dan menara masjid menjadi sasaran tembakan artileri, dan bekas monumen Bizantium disandera dalam upaya mencegah invasi asing,” ujarnya.  

Pada Maret 1913, Whittemore menulis kepada temannya Isabella Stewart Gardner di Boston, “Tampaknya mungkin sebelum Anda memiliki ini, Konstantinopel akan jatuh tetapi, saya khawatir, tidak sampai semua masjid dihancurkan. Bahwa saya diberitahu adalah niat Turki, untuk membombardir Santa Sophia [Hagia Sophia] jika mereka harus menyerah.”

“Apakah rumor ini benar atau tidak, mereka cukup meningkatkan kewaspadaan di kalangan diplomatik bahwa Duta Besar Amerika Serikat Morgenthau campur tangan langsung dengan otoritas pemerintah tertinggi di Turki,” kata Klein menambahkan.   

Untungnya, Hagia Sophia dan masjid-masjid lain tidak mengalami dinamika pada 1913. Minat internasional terhadap pelestarian warisan arsitektur Istanbul meningkat pesat pada dekade berikutnya.  

Pada Juni 1931, Thomas Whittemore dapat memperoleh izin dari Dewan Menteri untuk mengungkap mosaik Bizantium Hagia Sophia. Keberadaan mereka telah diketahui sejak pertengahan abad ke-19, ketika Fossati bersaudara kelahiran Swiss memulihkan Hagia Sophia dan dengan cermat mendokumentasikan temuan mereka.  

photo
Muslim mengenakan masker dan menjaga jarak sosial shalat Idul Adha di Masjid Hagia Sophia di distrik bersejarah Sultanahmet Istanbul, Turki, Jumat (31/7/2020). - (Pool via AP)

Namun, Institut Bizantium Amerika yang memulihkan harta mosaik inilah yang akhirnya meyakinkan Kemal Ataturk untuk menyatakan bangunan itu sebagai museum.  Setelah selesai, pemerintah Turki mempercayakan Institut Bizantium Amerika dengan pemulihan mosaik dan fresko Bizantium yang rusak dari bekas masjid Kariye.  

Sekali lagi, berkat upaya filantropis Amerika Serikat, monumen Bizantium yang luar biasa ini dilestarikan.  Setelah sepuluh tahun pekerjaan pelestarian yang melelahkan, mosaik dan lukisan dindingnya yang spektakuler terungkap ke publik pada 1958. Sejak itu, Museum Kariye telah menarik jutaan pengunjung lokal dan internasional, memungkinkan "seluruh umat manusia" untuk menyaksikan dan menikmati keindahan luhur seni Bizantium. 

Menurut Klein, ketakutan akan akses terbatas ke monumen Bizantium serta mosaik dan lukisan dinding Kristennya bukanlah perhatian utama mereka yang mengkritik keputusan Erdogan baru-baru ini. 

Wisatawan dan turis dapat mengunjungi Hagia Sophia, Kariye, dan masjid lain selama berabad-abad baik dengan izin resmi atau dengan membeli jalan masuk, seperti yang diingat oleh Mark Twain, kata dia.    

“Pengunjung masa depan pasti akan terus memiliki akses di antara waktu shalat. Yang lebih mengkhawatirkan adalah contoh yang ditetapkan konversi serupa di kota Vize, Iznik, dan Trabzon selama dekade terakhir,” ujarnya.   

Klein mengatakan, mereka memberikan banyak bukti bahwa kekhawatiran tentang pemeliharaan gedung yang memadai, akses ilmiah dan masukan ilmiah tentang keputusan restorasi tidak dapat dibenarkan.  

Konversi Kariye menjadi ruang aktif peribadahan kemungkinan besar akan menghasilkan penutup beberapa panel mosaik di ruang jamaah utama, atau naos, selama waktu sholat, katanya menambahkan.   

“Terlebih lagi, pihak berwenang perlu menyiasati sisa-sisa mosaik yang menggambarkan kisah-kisah Alkitabiah yang terukir disana,” kata Klein.   

Dia mengatakan, cukup sulit untuk mengetahui bagaimana dampak yang akan datang dari pengalihfungsian status museum menjadi tempat ibadah. Sebaliknya, Klein justru meminta masyarakat untuk percaya bahwa penghormatan terhadap sejarah agama dan kepercayaan orang lain serta nilai universal dari warisan budaya akan tetap bertahan terlepas dari fungsi religius baru bangunan tersebut.  

“Untuk saat ini, adalah tugas dunia untuk mengingatkan pemerintah Turki tentang tanggung jawabnya untuk melayani sebagai penjaga kekayaan agama dan budaya negara mereka yang luar biasa, yang merupakan warisan dari semua umat manusia,” ujar dia. 

Sumber: http://www.theartnewspaper.com/comment/istanbul-s-exceptional-cultural-heritage-must-not-be-lost

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا لَكُمْ اَلَّا تُنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلِلّٰهِ مِيْرَاثُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا يَسْتَوِيْ مِنْكُمْ مَّنْ اَنْفَقَ مِنْ قَبْلِ الْفَتْحِ وَقَاتَلَۗ اُولٰۤىِٕكَ اَعْظَمُ دَرَجَةً مِّنَ الَّذِيْنَ اَنْفَقُوْا مِنْۢ بَعْدُ وَقَاتَلُوْاۗ وَكُلًّا وَّعَدَ اللّٰهُ الْحُسْنٰىۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ࣖ
Dan mengapa kamu tidak menginfakkan hartamu di jalan Allah, padahal milik Allah semua pusaka langit dan bumi? Tidak sama orang yang menginfakkan (hartanya di jalan Allah) di antara kamu dan berperang sebelum penaklukan (Mekah). Mereka lebih tinggi derajatnya daripada orang-orang yang menginfakkan (hartanya) dan berperang setelah itu. Dan Allah menjanjikan kepada masing-masing mereka (balasan) yang lebih baik. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Hadid ayat 10)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement