Kamis 08 Jul 2021 22:44 WIB

Gudang Terbakar, Seribu Botol Vaksin Covid-19 Dilalap Api

Hampir seribu botol vaksin Covid-19 di Puskesmas Sumur Batu, Jakarta Pusat, terbakar.

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah
Vaksin Covid-19 di lantai 2 Puskesmas Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, hangus terbakar, Kamis (8/7). Semua vaksin dalam ruangan itu hangus.
Foto: Gulkarmat Jakpus
Vaksin Covid-19 di lantai 2 Puskesmas Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, hangus terbakar, Kamis (8/7). Semua vaksin dalam ruangan itu hangus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran melanda gudang vaksin Covid-19 di lantai 2 Puskesmas Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (8/7) malam. Alhasil, semua vaksin yang ada di dalamnya hangus.

"Iya benar gudang vaksin (yang terbakar). Semua vaksin dalam ruangan itu hangus," kata Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakpus Unggul Wibowo, ketika dikonfirmasi, Kamis.

Baca Juga

Unggul mengatakan, kebakaran itu terjadi karena korsleting listrik. Pihaknya menerima laporan kebakaran itu pukul 19.53 WIB.

Sebanyak empat unit mobil pemadam beserta 20 personel langsung dikerahkan ke puskesmas yang berlokasi di Jalan Sumur Batu Raya itu. Proses pemadaman dimulai pukul 20.05 WIB. Api berhasil dipadamkan sekitar 30 menit setelahnya.

Kebakaran menyebabkan semua stok vaksin dalam ruangan itu atau hampir seribu botol hangus. "Iya itu vaksin Covid-19. Semua dalam ruangan itu hangus. Jumlah yang terbakar di bawah 1.000 ampul (botol kecil)," kata Unggul.

Unggul mengaku tak mengetahui secara pasti apakah vaksin yang terbakar itu jenis Sinovac atau AstraZeneca. Ia hanya menyebutkan bahwa stok vaksin itu untuk vaksinasi warga Sumur Batu.

"Jadi itu vaksinnya ada dua (peruntukan). Untuk dewasa dan untuk anak-anak," kata Unggul.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement